Selasa, 18 Januari 2022

PENGENDALIAN DIRI MELALUI KECERDASAN EMOSIONAL

 

Hari  / Tgl               Selasa 18 s/d 25 Januari 2022

Kelas                         : IX.B – IX.G.        

 

Assalamu'alaikum wr.wb

Subhanalloh, ananda sholeh dan sholehah bagaimana kabarnya hari ini? 

Alloh SWT, masih memberi kesempatan kepada kita semua untuk menorehkan catatan dalam buku amal kita masing-masing  pada hari ini, tentunya hanya ada dua catatan yang akan kita torehkan dalam lembaran-lembaran buku amal tersebut......apakah kita menuliskan catatan kebaikan atau sebaliknya?

Tentunya dengan terus berproses kearah yang lebih baik kita akan berazam dan memutuskan pada diri kita untuk beramal dengan amal-amal solih isyaAlloh. Dan pada kesempatan bimbingan kali ini kita akan membahas tentang ” PENGENDALIAN DIRI MELALUI KECERDASAN EMOSIONAL semoga dengan terus belajar memahami dan  mengembangkan potensi yang ada pada diri, kita dapat lebih berguna,  bermanfaat untuk orang lain. Aamiin ya robbalalamiin.

Semoga dengan terus mengasah ilmu pengetahuan dan keimanan  akan menghantarkan peserta didik kepada ketaatan kepada Alloh dan akan menjadikan kita semua hamba yang sukses dalam kehidupan dunia apalagi kehidupan akhirat yang selama-lamanya.

Wassalamualaikum wr.wb.

 

 


1.     Materi /Topik Bahasan                :         Pengendalian Diri Melalui Kecerdasan Emosional ( EQ)

 

2.     Bidang Bimbingan                       :         Pribadi

 

3.     Jenis Layanan                               :         Informasi

 

4.     Tujuan Layanan                           :         Membantu peserta didik dalam  hal-hal :

 

·           Pengembangan  dan pemantapan kemampuan  berkomunikasi baik melalui ragam lisan maupun tulisan secara efektif

·           Pengembangan kemampuan bertingkah laku  dan berhubungan sosial, baik di rumah, di sekolah mapun di masyarakat dengan menjunjung tinggi tatakrama , sopan santun serta nilai-nilai agama, adat, peraturan dan kebiasaan yang berlaku

·           Pengembangan dan pemantapan hubungan  yang dinamis, harmonis, dan produktif dengan teman  sebaya, baik di sekolah yang sama, di sekolah lain, di luar sekolah mapun masyarakat pada umumnya.

 

5.     Fungsi Layanan                            :         Pemahaman  dan Pengembangan

 

6.     Sasaran Layanan/Semester      :         Kelas IX/ Genap

 

 

 

PENGENDALIAN DIRI MELALUI KECERDASAN EMOSIONAL (EQ)

Kecerdasan emosional atau Emotional Qoutient (EQ), adalah salah satu kecerdasan manusia yang saat ini sangat diperlukan dalam upaya untuk pengendalian diri dengan cara pengendalian emosi. Menurut Daniel Goleman dalam bukunya Emotional Intellengence (hal. 411–412), emosi dikelompokkan  dalam beberapa golongan yaitu: amarah,  kesedihan, rasa takut, kenikmatan,  cinta,  terkejut,   jengkel dan  juga  malu. Secara umum Emosi bisa bersifat positif  diantaranya yaitu  rasa senang,  cinta kasih, kehati-hatian, bahagia, dan juga bisa bersifat negatife misalnya rasa iri, dengki, rasa marah, ketakutan, dan lain sebagainya

      Emosi yang muncul sebetulnya dapat menjadi sumber energi, autentisitas dan semangat manusia yang sangat kuat,  tergantung bagaimana cara mengelola emosi tersebut, sehingga bisa sebagai energi pengaktif untuk aktifitas kehidupan kita sehari-hari, misalnya; empati, integritas, kredibilitas, keuletan, saling percaya dan juga untuk hubungan sosial lainnya. Untuk mencapai kondisi tersebut yang perlu dilakukan hanya dengan menggunakan kecerdasan,  karena dengan  cerdas emosi kita akan dapat mengelola emosi dengan baik dan terarah.Orang yang mempunyai kecerdasan emosional  adalah mereka yang sudah mampu mengenali, mengelola, memanage, mengarahkan, memanfaatkan dan mengoptimal-kan emosi kita, serta  mampu mengenali emosi orang lain juga mampu membina hubungan dengan orang lain.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhonN6jqMXWxSB3ANEB_tzLUyBDAto-wCchfpXYecoWhO_4OnYROE_cRFd3bOBJqDs7sr398s4JCIBavCnAnZ0wc3iBk18wh7QCzYXtlWwEsvAxGUP2WTs7gny8XBKtNI0f8p9z8mLsEkU/s1600/images+%282%29.jpg 

Kecerdasan Emosional

Pengertian Kecerdasan Emosi

 

Menurut Goleman (2002:45) kecerdasan emosi merujuk pada kemampuan untuk memotivasi diri sendiri dan bertahan menghadapi frustrasi, mengendalikan dorongan hati dan tidak melebih-lebihkan kesenangan, mengatur suasana hati dan menjaga agar beban stres tidak melumpuhkan kemampuan berfikir, dan berempati.

 

Aspek-Aspek Kecerdasan Emosional

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgklrFOkITZYl6TcSuZhefN5AiOaPwFHizKPEfv_vN1ed6ds_atglbepBZuiuJ55thjyw0aPkaKbLZNPigd9vwrcXcIonHXoG4X2UeGLrljA57FDzfw4gbXbmm34Uo9u5O_xSSQlccLqq4/s1600/images+%2815%29.jpg

Berdasarkan pendapat Goleman (dalam Mutadin, 2002:1) membagi kecerdasan emosional dalam beberapa kemampuan atau aspek yaitu:

1)    Mengenali Emosi Diri yakni kesadaran diri dalam mengenali perasaan sewaktu perasaan itu terjadi merupakan dasar kecerdasan emosional. Pada tahap ini diperlukan adanya pemantauan perasaan dari waktu ke waktu agar timbul wawasan psikologi dan pemahaman tentang diri.

2)    Mengelola Emosi. Mengelola emosi berarti menangani perasaan agar perasaan dapat terungkap dengan tepat, hal ini merupakan kecakapan yang sangat bergantung pada kesadaran diri.

3)    Memotivasi Diri. Kemampuan seseorang memotivasi diri dapat ditelusuri melalui hal-hal sebagai berikut, cara mengendalikan dorongan hati, derajat kecemasan yang berpengaruh terhadap unjuk kerja seseorang, kekuatan berfikir positif, optimisme, dan keadaan flow (mengikuti aliran), yaitu keadaan ketika perhatian seseorang sepenuhnya tercurah ke dalam apa yang sedang terjadi, pekerjaannya hanya terfokus pada satu objek

4)    Mengenali Emosi Orang Lain. Empati atau mengenal emosi orang lain dibangun berdasarkan pada kesadaran diri. Jika seseorang terbuka pada emosi sendiri, maka dapat dipastikan bahwa ia akan terampil membaca perasaan orang lain.

5)    Membina Hubungan Dengan Orang Lain. Membina hubungan dengan orang lain merupakan keterampilan sosial yang mendukung keberhasilan dalam pergaulan dengan orang lain. Tanpa memiliki keterampilan seseorang akan mengalami kesulitan dalam pergaulan sosial. 

 

Ciri Orang Yang Mempunyai Kecerdasan Emosional Tinggi

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgeafqagL_jyhpdz675U_kXVKIMvQsA7ayGxLIk_48XXVf5YJtNIEZyZlYTEboWLzopCNZj6OeYHUcBR1Diuq3MSTfOMFrCRnBuWzhHMd5yPyBWekMfAl8qYGc0ustm9RHbGlcrNyJYHGE/s1600/images+%2817%29.jpg

Orang yang sukses dalam pekerjaan tidak hanya memiliki intelegensi yang tinggi, namun secara emosional mereka juga baik. Orang yang cerdas secara emosi akan bersikap tegas dan mampu mengendalikan perilaku sehingga terbebas dari perilaku-perilaku negatif. Kecerdasan emosional sangat sulit diukur dan sampai sekarang belum ada alat tes tunggal yang menghasilkan nilai kecerdasan emosional.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa ciri orang yang mempunyai kecerdasan emosional adalah mudah bergaul, tidak mudah takut, bersikap tegas, berkemampuan besar untuk melibatkan diri dengan orang lain, konsisten, tidak emosional, lebih mengutamakan rasio daripada emosi, dapat memotivasi dirinya sendiri dan lebih penting dapat memecahkan solusi dalam keadaan yang darurat.

 

Manfaat Kecerdasan Emosional

Maka  semakin tua orang akan menjadi semakin bijaksana, Kecerdasan emosional tersebut sangat bermanfaat bagi semua golongan umur  di semua strata kehidupan, diantaranya dapat membuat  orang  tidak depresi, tidak cepat putus asa, tidak membuat implusif dan agresif, tidak cepat puas, tidak egois, selalu terbuka pada kritikan, terampil dalam melakukan hubungan sosial, tidak mudah marah dan lain sebagainya,  dan ini semua tentu akan berdampak positif untuk menghilangkan sosial problem, sebagai dampak  negatif globalisasi yang saat ini banyak terjadi di masyarakat.

 

Pemahaman Pengendalian Diri


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhTOKiAOgfQfvdWtCXUg7Gml5YiAPLc6ZHeTaU0Gp0zAZONMrtcWo5f8MWorvc4LX0LB21b5nDOobyikfkzccxk3wDzRPpTWKx7xuv3KAy9pMLDH3gRILFikqJLmUl4o3bmopLocXQ50bA/s200/index.jpg

Tujuan akhir pengendalian diri adalah untuk mencapai kesuksesan/keberhasilan. Perjalanan hidup ini sangat dinamis, kadang berliku, menurun atau mendaki. Medan kehidupan yang demikian itu menuntut kita harus menguasai sejumlah kompentensi hidup, antara lain pengendalian diri.


Mengapa Harus Mengendalikan Diri


Mengapa Daniel Goleman (Ary Ginanjar, 2001) mengisahkan sebagai berikut:
Anak-anak usia 4 tahun di TK Standford diuji ketika memasuki sebuah ruangan. Dia atas disediakan kue marsh mallow. Anak boleh mengambilnya dan langsung memakannya. Tetapi bagi yang mau ‘’berpuasa’’ menahan waktu dalam waktu tertentu, maka ia akan dapat hadiah tambahan satu kue.


Empat belas kemudian, setelah anak-anak lulus SMA, didapati sebagai berikut:
Anak-anak sewaktu di TK langsung memakan kue, tidak menahan dulu, ternyata cenderung tidak tahan menghadapi stress, mudah tersinggung, gampang terpancing untuk berkelahi.

Tiga puluh tahun kemudian, terbukti bahwa anak yang sewaktu TK tidak bisa menahan diri, setelah dewasa terlihat kecakapan kognitif dan emosinya rendah, sering kesepian, kurang dapat diandalkan, mudah hilang konsentrasinya, dan tidak sabar bila menghadapi stress hampir tidak terkendali. Tidak fleksibel menghadapi tekanan, dan mudah meledak-ledak emosinya (impulsif).

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEia4VdCjVIyIOZnX7sqkVoeL1VEwz8d3RUhA1fg7IalgrJPEojpuW0XWrHNBnnii6CRpmgd-eZrrSXVfosc1LA216X58UX7BrApcaNjxv0fw0-VptoFx73CAco9-rvjvJDD7N5aOYa3umA/s200/images.jpghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj5ZQ1Ps7JiQnYoiR2bLDCFYSPsfFFJ9JJDy7z9ly_TlGZk-Nwt9FXtJOwlpO9n21R0Bs2yBetWXvT62O8NBTUS14yA5WmKXnaX1CM5fqwGI0ju9EPzh1UI1Nnv9e2xLrD7u1JmGZ226WQ/s200/3.jpg

Dalam keadaan tertentu kita kadang sulit untuk mengendalikan diri sendiri di mana banyak hal yang sangat membuat kita ingin marah dan berontak terhadap sesuatu hal yang membuat kita ingin marah. Semua itu timbul karena emosi yaitu perasaan yang timbul dalam diri kita sendiri secara alami itu bisa berupa amarah, sedih, senang, benci, cinta, bosan, dan sebagainya yang merupakan efek atau respon yang terjadi dari sesuatu yang kita alami. Kecerdasan emosi merupakan kemampuan manusia untuk memotivasi diri sendiri, bertahan menghadap frustasi, mengendalikan dorongan hati (kegembiraan, kesedihan, kemarahan, dan lain-lain), mengatur suasana hati dan mampu mengendalikan stres dan keadaan yang melanda kita. Kecerdasan emosional juga mencakup kesadaran diri sendiri dan mengendalikan dorongan hati, ketekunan, semangat dan motivasi diri dan kendali dorongan hati, ketekunan, semangat dan kecakapan sosial. Ketrampilan yang berkaitan dengan kecerdasan emosi antara lain misalnya kemampuan untuk memahami orang lain, kepemimpinan, kemampuan membina hubungan dengan orang lain, kemampuan berkomunikasi, kerjasama tim, membentuk citra diri positif, memotivasi dan memberi inspirasi dan sebagainya. http://finunu.files.wordpress.com/2011/10/eq.jpg?w=300&h=199
Lembar Kerja Siswa

 

1.    Tuliskan hadist dari nabi Muhammad SAW, agar kita bisa cerdas mengendalikan diri?

2.    Apa yang dimaksud dengan pandai mengendalikan diri?

3.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan EQ..?

4.    Bagaimana cara memanfaatkan EQ ?

5.    Bagaimana tuntunan dari nabi agar kita cerdas mengendalikan keinginan kita?

 

37 komentar:

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Selamat pagi pak, terimakasih atas materi dan tugas yang diberikan
    Jihan Khairunnisa 9C

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum Pak, terimakasih atas materi dan tugasnya
    Fazilatun Nisa 9C

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum pak terimakasih
    Dhea Agustina 9C

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum pak,terima kasih
    -arissa syafina 9b

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum pak makasih materinya
    M.faiz y.p 9B

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum pak terimakasih atas tugasnya

    Annisa Maulidawati Sofyan 9C

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum pak, terimakasih atas tugasnya
    Gilang 9B

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum pak terima kasih
    Nabila Fakhriyah 9B

    BalasHapus
  9. assalamualaikum pak, terimakasih atas materi dan tugasnya
    alifia sabrina 9B

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum pak terimakasih atas materinya

    Khezya Ayunda 9C

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum pak, terimakasih tugasnya
    Nadia Adzra Aisyah 9b

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum pak terimakasih
    Anggita meyshafa aulya 9b

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum pak terimakasih
    -Avicena Putra Pradana 9F

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum pak terimakasih
    Reynaldo RM 9F

    BalasHapus
  15. Assalamu'alaikum pak.
    Arin Arifah 9E

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum pak terimakasih
    Marshanda zafira 9F

    BalasHapus
  17. assalamualaikum terimakasih pak
    -cut ajirna Afifah Azahra 9E

    BalasHapus
  18. assalamualaikum pak
    Fadhila 9E

    BalasHapus
  19. assallamualaikum pak, terima kasih atas materi nya
    chelsea salhabila 9e

    BalasHapus
  20. assallamualaikum pak, terima kasih atas materinnya
    Abizar Yusuf a 9f

    BalasHapus
  21. Assalamu'alaikum terimakasih pak materinya
    Ferlina 9F

    BalasHapus
  22. assalamualaikum trmksh pak
    dera 9f

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum Pak Terimakasih atas Materi dan Tugasnya
    Cahaya Ibramsyah 9G

    BalasHapus
  24. Assalamu'alaikum terimakasih pak materinya
    Naura 9D

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum pak, terimakasih atas materi dan tugasnya
    -winda9G

    BalasHapus
  26. assalamualaikum pak, terimakasih atas materi dan tugasnya
    -rajwaqiqa 9D

    BalasHapus
  27. assalamualaikum pak terimakasih atas materinya dan tugasnya
    putri alyaa salsabila 9D

    BalasHapus
  28. assalamualaikum,trimakasih atas materi dan tugasnya-Nuri Luthfiah Putri 9D

    BalasHapus
  29. assalamualaikum pak terimakasih
    sevina Amanda Putri 9C

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum pak terimakasih atas materinya dan tugasnya
    Gilang 9B

    BalasHapus
  31. Terimakasih pak atas tugas dan materi nya
    Dzaky Atha 9B

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum Pak, Terimakasih
    Saniya Princess Medina 9C

    BalasHapus
  33. Assalamualaikum pak, terimakasih
    Salma Afiifah Putri 9C

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalammualaikum pak trimakasih
      Panji aditya mahardika s 9c

      Hapus
  34. Assalamualaikum pak, terimakasih
    Nadia Adzra Aisyah 9b

    BalasHapus
  35. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Terimakasih pak
    Jihan Khairunnisa 9C

    BalasHapus
  36. Assalamu'alaikum pak Terima kasih atas matery nya pak
    Raka dwi andika 9B

    BalasHapus

MENGHARGAI PERBEDAAN DAN KEBERAGAMAN

    Materi /Topik Bahasan                              :     Menghargai perbedaan dan keberagama.    Bidang B imbingan                      ...