Selasa, 11 Januari 2022

orientasi tentang sekolah lanjutan

 Orientasi sekolah lanjutan

Hari  / Tgl               Selasa 11 s/d 18 Januari 2022

Kelas                         : IX.A – IX.G.        

 

Assalamu'alaikum wr.wb

Subhanalloh, ananda sholeh dan sholehah bagaimana kabarnya hari ini? 

Alloh SWT, masih memberi kesempatan kepada kita semua untuk menorehkan catatan dalam buku amal kita masing-masing  pada hari ini, tentunya hanya ada dua catatan yang akan kita torehkan dalam lembaran-lembaran buku amal tersebut......apakah kita menuliskan catatan kebaikan atau sebaliknya?

Tentunya dengan terus berproses kearah yang lebih baik kita akan berazam dan memutuskan pada diri kita untuk beramal dengan amal-amal solih isyaAlloh. Dan pada kesempatan bimbingan kali ini kita akan membahas tentang ” Orientasi tentang Sekolah Lanjutan” semoga dengan terus belajar memahami dan  mengembangkan potensi yang ada pada diri, kita dapat lebih berguna,  bermanfaat untuk orang lain. Aamiin ya robbalalamiin.

Semoga dengan terus mengasah ilmu pengetahuan dan keimanan  akan menghantarkan peserta didik kepada ketaatan kepada Alloh dan akan menjadikan kita semua hamba yang sukses dalam kehidupan dunia apalagi kehidupan akhirat yang selama-lamanya.

Wassalamualaikum wr.wb.

 

1.     Materi /Topik Bahasan                :         Orientasi tentang Sekolah Lanjutan

 

2.     Bidang Bimbingan                       :         Karir

 

3.     Jenis Layanan                               :         Informasi

 

4.     Tujuan Layanan Membantu peserta didik dalam  hal-hal :

 

·           memahami pentingnya mengenali dan memahami tentang lingkungan sekolah yang akan dituju.

·           mampu menyebutkan hal-hal yang harus dipahami tentang lingkungan sekolah yang baru dengan sekolah sebelumnya.

·           dapat menguasai tentang hal-hal penyesuaian diri belajar di sekolah lanjutan atas dengan jenis program keahlian ( jurusan ) serta program diklat ( mata pelajaran ) yang diajarkan.

·           dapat mematuhi Tata Tertib Sekolah yang berlaku

Orientasi Tentang Sekolah Lanjutan

           

       Sehubungan dengan sekolah lanjutan yang merupakan permasalahan yang sedang dihadapi oleh peserta didik, maka ada beberapa hal (faktor) yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

Faktor-faktor yang perlu diperhatikan sebelum menentukan pemilihan sekolah lanjutan.

            Permasalahan yang dihadapi Rina adalah suatu masalah yang wajar dan tidak menutup kemungkinan masalah tersebut juga dihadapi oleh orang lain. Pada dasarnya dalam memilih sekolah lanjutan ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan yaitu:

1.  Faktor Bakat

2.  Faktor Minat

3.  Faktor Kemampuan (internal dan eksternal)

 

A.   Faktor Bakat

Tentang Bakat ada beberapa pendapat antara:

1.    William B.Michael: kemampuan individu untuk melakukan tugas , yang sedikit sekali tergantung kepada latihan mengenai hal tersebut.

 

2.    Woodworth dan Marquis: bakat adalah kemampuan (ability) yang meliputi achievement( actuality ability), capacity (potential ability) dan aptitude

Ø   Achievement merupakan actual ability , yang dapat diukur langsung dengan alat atau tes tertentu.

 

Ø   Capacity merupakan potential ability , yang dapat diukur tidak langsung dengan melalui pengukuran terhadap kecakapan individu, dimana kecakapan ini berkembang dengan perpaduan antara dasar dengan training yang intensif dan berpengalaman.

 

Ø   Aptitude, yaitu kwalitas yang hanya dapat diungkap / diukur dengan tes khusus yang sengaja dibuat untuk itu.

            Pendapat tentang bakat masih banyak lagi, tetapi sebagai gambaran yang gampang sesuai dengan pendapat William B.Michael adalah sebagai berikut:

            Putri adalah siswi yang mempunyai bakat melukis dan mempunyai tingkat penalaran tinggi dalam mengapresiasikan suatu permasalahan, berbeda dengan Tika yang tidak memiliki bakat melukis, Putri akan lebih cepat dan hasil yang lebih baik dalam melaksanakan tugas melukis dibandingkan Tika walaupun antara Putri dan Tika mendapatkan materi pelajaran dari guru yang sama dan dalam waktu yang bersamaan juga. Lebih jauh lagi seorang siswa yang bernama Putri tersebut akan berhasil jika melanjutkan sekolah ke SMA dalam rangka mempersiapkan diri kejenjang perguruan tinggi misalnya jurusan arsitektur.

B.    Faktor Minat

       Minat pada dasarnya adalah rasa ketertarikan individu pada suatu hal (aktifivas). Minat merupakan suatu fungsi jiwa untuk dapat mencapai sesuatu. Minat merupakan kekuatan dari dalam diri individu dan tampak dari luar sebagai suatu aktivitas. Dalam berfungsinya minat ini merupakan perpaduan antara fikiran dan perasaan.

Sebagai suatu gambaran, Farida adalah seorang siswi yang sangat menaruh minat gberhasil mendalami ilmu beladiri karate dibandingkan dengan anak lain yang kurang memiliki minat pada ilmu beladiri karate walaupun mereka berlatih bersamaan dengan pelatih yang  sama.

C.   Faktor Kemampuan

Faktor kemampuan pada dasarnya secara garis besar dibagi 2 (dua)yaitu:

1.  Kemampuan internal, yaitu kemampuan yang berasal dari diri individu itu sendiri, yaitu kemampuan intelektual.

2.  Kemampuan eketernal, yaitu suatu kemampuan yang berasal dari luar diri individu yang sangat mendukung terealisasinya cita-cita yaitu kemampuan ekonomi orang tua walaupun sifatnya tidak mutlak.

 

 

 

 Jenis-jenis Sekolah Lanjutan

Pada dasarnya sekolah lanjutan setelah jenjang SMP secara garis besar dapat dibagi 2 (dua) yaitu:

1.      Sekolah Menengah Atas ( SMA )

2.      Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK )

I.     Sekolah Menengah Atas ( SMA ) adalah sekolah lanjutan setelah jenjang SMP yang bersifat umum. Peserta didik yang mempunyai cita-cita untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi (kuliah) adalah tepat sekali jika setelah SMP melanjutkan ke SMA. Program / jurusan di SMA ada 3 (tiga) yaitu:

1.        Program / Jurusan IPA

2.        Program / Jurusan IPS

3.        Program / Jurusan Bahasa.

 

II.    Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) adalah sekolah lanjutan setelah jenjang SMP yang bersifat khusus, sehingga diharapkan setelah lulus jenjang ini peserta didik bisa langsung memasuki dunia kerja. Jenis Sekolah Menengah Kejuruan bermacam-macam antara lain:

1.    STM (Sekolah Teknologi Menengah)

a.    Mesin                                                       d. Bangunan / sipil

b.    Listrik                                                        e. Informatika

c.    Elektronika                                             f.   dan lain-lain

2.    SMEA (Sekolah Menengah Ekonomi Atas)

a.    Akuntansi

b.    Perkantoran

3.    Sekolah Pelayaran Menengah

a.    Nautika

b.    Mesin

c.    Dan lain-lain

4.    Sekolah Menengah Farmasi (SMF)

5.    Sekolah Menengah Industri Pariwisata (SMIP)

6.    Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR)

7.    Sekolah Menengah Analis Kesehatan (SMAK)

8.    Dan lain-lain

      Selain sekolah yang ditempuh melalui jalur formal ada beberapa jenis sekolah lanjutan yang non formal, yang mana sekolah ini lebih banyak dikenal dengan nama kursus-kursus ketrampilan. Para lulusan kursus ketrampilan diharapkan lebih siap masuk dunia kerja daripada lulusan sekolah lanjutan yang bersifat formal. Adapun jenis kursus-kursus ketrampilan tersebut antara lain:

1.    Kursus Komputer                                                    4. Kursus Montir

2.    Kursus Menjahit / modes                                       5. Dan lain-lain

3.    Kursus Elektronika

 

       Dengan mengetahui atau memahami bakat, minat dan kemampuan yang dimiliki maka peserta didik akan lebih mudah menentukan pilihan sekolah lanjutan yang diinginkan. Misalnya seorang peserta didik yang memiliki bakat dan minat di bidang otomotif, memiliki kemampuan internal (kecerdasan) yang mendukung di sisi lain kemampuan eksternal (kemampuan ekonomi orang tua) kurang mendukung maka peserta didik tersebut bisa melanjutkan ke SMK jurusan otomotif. Setelah lulus dan bekerja siswa tersebut bisa melanjutkan pendidikan tinggi jurusan otomotif. Sehingga walaupun kemampuan eksternal (ekonomi orang tua) kurang mendukung selama peserta didik memilih pendidikan lanjutan yang tepat dan  memiliki semangat  belajar tinggi maka bukan suatu hal yang mustahil jika peserta didik tersebut akan berhasil.

 

Lembar Kerja Siswa

1.    Tuliskan beberapa hadist dari nabi Muhammad SAW, tentang anjuran/hasungan untuk selalu belajar/ mengembangkan ilmu pengetahuan?

2.    Mengapa siswa perlu mengenal terlebih dahulu sekolah yang akan di masukinya?

3.    Bagaimana cara siswa yang memasuki lingkungan sekolah baru, Jelaskan..!

4.    Hal hal apakah yang harus dipahami siswa sebelum melanjutkan sekolah ke jenjang yang llebih tinggi ?

5.    Tuliskan 3 faktor yang perlu diperhatikan sebelum menentukan pilihan sekolah lanjutan?

 

 

55 komentar:

  1. Assalamualaikum pak, terimakasih
    Salma Afiifah Putri 9c

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum pak terimakasih atas tugasnya

    Annisa Maulidawati Sofyan 9C

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum Pak, Terimakasih
    Saniya Princess Medina 9C

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum pak terimakasih atas tugasnya
    Gilang 9B

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum pak makasih materinya
    M.faiz.y.p

    BalasHapus
  6. assalamualaikum pak, terimakasih atas tugasnya
    —s.r.azizah 9b

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum pak, terimakasih tugasnya
    Nadia Adzra Aisyah 9b

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum, terimakasih pak
    Raisyah 9B

    BalasHapus
  9. Assalamu'alaikum pak terima kasih
    Nabila Fakhriyah 9B

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum pak,terimakasih kasih
    Yuka Ramadani 9B

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum Pak, terimakasih atas tugasnya
    Fazilatun Nisa 9C

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum pak,terimakasih kasih
    LINGGA jaya salendra 9c

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum pak terimakasih atas tugasnya

    khezya zaviera ayunda 9C

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum pak, terimakasih
    -Regita Amanda 9B

    BalasHapus
  15. assalamu'alaikum pak, terimakasih

    Yesha Kirania Nevita 9C

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum pak, terimakasih

    Nilam Septia 9C

    BalasHapus
  17. assalamualaikum pak, terimakasi
    Audita Gea Salsabillah 9A

    BalasHapus
  18. assalamualaikum pak, terimakasih
    Alfarin Azzura 9A

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum Pak terimakasih atas materi dan tugasnya
    Ahmad Fauzan Harahap 9A

    BalasHapus
  20. assalamualaikum pak terimakasih tugasnya-aline 9a

    BalasHapus
  21. assalamualaikum pak, terimakasih atas materi dan tugasnya
    Meissya Arletsia 9A

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum pak terimakasih atas materi dan tugas nya
    Diranda Aprilia 9A

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum, Terimakasih pak
    -Annisa devina 9a

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh pak oke pak terima kasih banyak atas materi dan tugas nya 🙏🏻
    - Anisa Putri 9 A
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  25. Assalamu'alaikum pak terimakasih
    Arya Wira Wahyudi 9A

    BalasHapus
  26. assalamualaikum pak terimakasih atas materinya dan tugasnya
    nabila ajeng azzahra 9F

    BalasHapus
  27. assalamualaikum pak terimakasih atas materinya dan tugasnya
    M Davie M 9e

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum pak trimakasih
    Natasya 9e

    BalasHapus
  29. assalamualaikum pak, terimakasih atas materi dan tugasnya
    -M.athalla putra 9E

    BalasHapus
  30. Terimakasih atas tugasnya Pak
    -sarah lX E

    BalasHapus
  31. terimakasih pak
    wijayanti 9e

    BalasHapus
  32. assalamualaikum pak, terimakasih atas materi dan tugasnya
    R.Dinda Rara Putri 9F

    BalasHapus
  33. ᪤⊹ ࣪˖⁩ Assalamualaikum pak terima kasih atas materinya ៹🛋 ࣪˖⁩🌠◞𖤐  ࣪˖
    🗯 ׅ ࣪ Pruezalya Ramadhani Wijaya 9F ! ˖ ࣪ 𖡼 ָ࣪

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum terimakasih pak
    Alfi 9E

    BalasHapus
  35. Assalamualaikum apk,trmks
    Annisa Shalsyabila 9f

    BalasHapus
  36. Assalamualaikum apk,trmks
    Raihan Anandra 9F

    BalasHapus
  37. Assalamualaikum pak terimakasih
    Reynaldo RM 9F

    BalasHapus
  38. Assalamualaikum terimakasih atas tugasnya
    - Alvia Sefti Anggraini 9D

    BalasHapus
  39. assalamu'alaikum pak terimakasih
    Fatiha arta 9d

    BalasHapus
  40. Assalamualaikum pak terimakasih
    M.A Zaidan razzaq 9D

    BalasHapus
  41. assalamualaikum trimakasih atas tugasnya-Nuri Luthfiah putri 9D

    BalasHapus
  42. assalamualaikum pak terimakasih atas tugasnya
    putri alyaa salsabila 9D

    BalasHapus

  43. assalamualaikum pak terimakasih atas materinya dan tugasnya🙏
    -M.RAFFI ATHALA AMIN 9G

    BalasHapus
  44. assalamualaikum pak terimakasih
    firyal 9G

    BalasHapus
  45. Assalamu'alaikum pak Terimakasih
    Bima saputra 9D

    BalasHapus
  46. Assalamualaikum Pak, terima kasih
    — Maura Lodya Amela 9G

    BalasHapus
  47. Assalamu'alaikum pak trimakasih Zainuri 9G

    BalasHapus
  48. assalamualaikum pak terimakasih
    mirabel putri winanti 9G

    BalasHapus
  49. Assalamu'alaikum pak, terimakasih atas tugas dan materinya
    Sultan Zacky A.H 9G

    BalasHapus
  50. Assalamualaikum pak, trimakasih atas tugasnya
    Berliana Jody 9d

    BalasHapus
  51. assalamualaikum pak terimakasih atas materi dan tugasnya
    -kalila islami azzahra 9D

    BalasHapus
  52. Assalamualaikum pak, terimakasih
    Klarisa Rahma Cantika 9B

    BalasHapus
  53. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Selamat pagi pak
    Terimakasih atas tugas nya
    Jihan Khairunnisa 9C

    BalasHapus
  54. Assalamualaikum pak terimakasih tugasnya
    M.A Zaidan razzaq 9D

    BalasHapus

MENGHARGAI PERBEDAAN DAN KEBERAGAMAN

    Materi /Topik Bahasan                              :     Menghargai perbedaan dan keberagama.    Bidang B imbingan                      ...