Orientasi sekolah lanjutan
Hari /
Tgl : Selasa 11 s/d 18 Januari 2022
Kelas :
IX.A – IX.G.
Assalamu'alaikum
wr.wb
Subhanalloh, ananda sholeh dan sholehah
bagaimana kabarnya hari ini?
Alloh SWT, masih memberi kesempatan
kepada kita semua untuk menorehkan catatan dalam buku amal kita
masing-masing pada hari ini, tentunya hanya ada dua catatan yang
akan kita torehkan dalam lembaran-lembaran buku amal tersebut......apakah kita
menuliskan catatan kebaikan atau sebaliknya?
Tentunya dengan terus berproses kearah
yang lebih baik kita akan berazam dan memutuskan pada diri kita untuk beramal
dengan amal-amal solih isyaAlloh. Dan pada kesempatan
bimbingan kali ini kita akan membahas tentang ” Orientasi
tentang Sekolah Lanjutan” semoga dengan terus belajar memahami
dan mengembangkan potensi yang ada pada diri, kita dapat lebih
berguna, bermanfaat untuk orang lain. Aamiin ya robbalalamiin.
Semoga dengan terus mengasah ilmu
pengetahuan dan keimanan akan menghantarkan peserta didik kepada
ketaatan kepada Alloh dan akan menjadikan kita semua hamba yang sukses dalam
kehidupan dunia apalagi kehidupan akhirat yang selama-lamanya.
Wassalamualaikum wr.wb.
1.
Materi /Topik Bahasan : Orientasi tentang Sekolah Lanjutan
2.
Bidang Bimbingan :
Karir
3.
Jenis Layanan :
Informasi
4.
Tujuan Layanan Membantu peserta
didik dalam hal-hal :
·
memahami pentingnya mengenali dan memahami tentang
lingkungan sekolah yang akan dituju.
·
mampu menyebutkan hal-hal yang harus dipahami tentang
lingkungan sekolah yang baru dengan sekolah sebelumnya.
·
dapat menguasai tentang hal-hal penyesuaian diri
belajar di sekolah lanjutan atas dengan jenis program keahlian ( jurusan )
serta program diklat ( mata pelajaran ) yang diajarkan.
·
dapat mematuhi Tata Tertib Sekolah yang berlaku
Orientasi
Tentang Sekolah Lanjutan
Sehubungan dengan sekolah lanjutan yang
merupakan permasalahan yang sedang dihadapi oleh peserta didik, maka ada
beberapa hal (faktor) yang perlu diperhatikan sebagai berikut:
Faktor-faktor
yang perlu diperhatikan sebelum menentukan pemilihan sekolah lanjutan.
Permasalahan
yang dihadapi Rina adalah suatu masalah yang wajar dan tidak menutup
kemungkinan masalah tersebut juga dihadapi oleh orang lain. Pada dasarnya dalam
memilih sekolah lanjutan ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan yaitu:
1. Faktor
Bakat
2. Faktor
Minat
3. Faktor
Kemampuan (internal dan eksternal)
A.
Faktor
Bakat
Tentang Bakat ada beberapa pendapat antara:
1.
William B.Michael: kemampuan individu untuk
melakukan tugas , yang sedikit sekali tergantung kepada latihan mengenai hal
tersebut.
2.
Woodworth dan Marquis: bakat adalah kemampuan
(ability) yang meliputi achievement( actuality ability), capacity
(potential ability) dan aptitude
Ø Achievement
merupakan actual ability , yang dapat
diukur langsung dengan alat atau tes tertentu.
Ø Capacity
merupakan potential ability , yang
dapat diukur tidak langsung dengan melalui pengukuran terhadap kecakapan
individu, dimana kecakapan ini berkembang dengan perpaduan antara dasar dengan
training yang intensif dan berpengalaman.
Ø Aptitude,
yaitu kwalitas yang hanya dapat diungkap / diukur dengan tes khusus yang
sengaja dibuat untuk itu.
Pendapat tentang bakat masih banyak
lagi, tetapi sebagai gambaran yang gampang sesuai dengan pendapat William
B.Michael adalah sebagai berikut:
Putri adalah siswi yang mempunyai
bakat melukis dan mempunyai tingkat penalaran tinggi dalam mengapresiasikan
suatu permasalahan, berbeda dengan Tika yang tidak memiliki bakat melukis,
Putri akan lebih cepat dan hasil yang lebih baik dalam melaksanakan tugas
melukis dibandingkan Tika walaupun antara Putri dan Tika mendapatkan materi
pelajaran dari guru yang sama dan dalam waktu yang bersamaan juga. Lebih jauh
lagi seorang siswa yang bernama Putri tersebut akan berhasil jika melanjutkan
sekolah ke SMA dalam rangka mempersiapkan diri kejenjang perguruan tinggi
misalnya jurusan arsitektur.
B. Faktor Minat
Minat pada dasarnya adalah rasa
ketertarikan individu pada suatu hal (aktifivas). Minat merupakan suatu fungsi
jiwa untuk dapat mencapai sesuatu. Minat
merupakan kekuatan dari dalam diri individu dan tampak dari luar sebagai suatu
aktivitas. Dalam berfungsinya minat ini merupakan perpaduan antara fikiran dan
perasaan.
Sebagai suatu gambaran, Farida adalah seorang siswi yang
sangat menaruh minat gberhasil mendalami ilmu beladiri karate dibandingkan
dengan anak lain yang kurang memiliki minat pada ilmu beladiri karate walaupun
mereka berlatih bersamaan dengan pelatih yang
sama.
C.
Faktor
Kemampuan
Faktor kemampuan pada
dasarnya secara garis besar dibagi 2 (dua)yaitu:
1. Kemampuan
internal, yaitu kemampuan yang berasal dari diri individu itu sendiri, yaitu
kemampuan intelektual.
2. Kemampuan
eketernal, yaitu suatu kemampuan yang berasal dari luar diri individu yang
sangat mendukung terealisasinya cita-cita yaitu kemampuan ekonomi orang tua
walaupun sifatnya tidak mutlak.
Jenis-jenis Sekolah Lanjutan
Pada
dasarnya sekolah lanjutan setelah jenjang SMP secara garis besar dapat dibagi 2
(dua) yaitu:
1.
Sekolah Menengah Atas ( SMA )
2.
Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK )
I. Sekolah
Menengah Atas ( SMA ) adalah sekolah lanjutan setelah jenjang SMP yang bersifat
umum. Peserta didik yang mempunyai cita-cita untuk melanjutkan pendidikan yang
lebih tinggi lagi (kuliah) adalah tepat sekali jika setelah SMP melanjutkan ke
SMA. Program / jurusan di SMA ada 3 (tiga) yaitu:
1.
Program / Jurusan IPA
2.
Program / Jurusan IPS
3.
Program / Jurusan Bahasa.
II. Sekolah
Menengah Kejuruan ( SMK ) adalah sekolah lanjutan setelah jenjang SMP yang
bersifat khusus, sehingga diharapkan setelah lulus jenjang ini peserta didik
bisa langsung memasuki dunia kerja. Jenis Sekolah Menengah Kejuruan
bermacam-macam antara lain:
1. STM
(Sekolah Teknologi Menengah)
a.
Mesin d.
Bangunan / sipil
b.
Listrik e.
Informatika
c.
Elektronika f. dan lain-lain
2. SMEA (Sekolah Menengah Ekonomi Atas)
a.
Akuntansi
b.
Perkantoran
3. Sekolah
Pelayaran Menengah
a.
Nautika
b.
Mesin
c.
Dan lain-lain
4. Sekolah
Menengah Farmasi (SMF)
5. Sekolah
Menengah Industri Pariwisata (SMIP)
6. Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR)
7. Sekolah Menengah Analis Kesehatan (SMAK)
8. Dan
lain-lain
Selain sekolah yang ditempuh melalui jalur formal ada beberapa
jenis sekolah lanjutan yang non formal, yang mana sekolah ini lebih banyak
dikenal dengan nama kursus-kursus ketrampilan. Para lulusan kursus ketrampilan diharapkan
lebih siap masuk dunia kerja daripada lulusan sekolah lanjutan yang bersifat
formal. Adapun jenis kursus-kursus ketrampilan tersebut antara lain:
1. Kursus
Komputer 4.
Kursus Montir
2. Kursus
Menjahit / modes 5.
Dan lain-lain
3. Kursus
Elektronika
Dengan mengetahui atau memahami bakat, minat
dan kemampuan yang dimiliki maka peserta didik akan lebih mudah menentukan
pilihan sekolah lanjutan yang diinginkan. Misalnya seorang peserta didik yang
memiliki bakat dan minat di bidang otomotif, memiliki kemampuan internal
(kecerdasan) yang mendukung di sisi lain kemampuan eksternal (kemampuan ekonomi
orang tua) kurang mendukung maka peserta didik tersebut bisa melanjutkan ke SMK
jurusan otomotif. Setelah lulus dan bekerja siswa tersebut bisa melanjutkan pendidikan
tinggi jurusan otomotif. Sehingga walaupun kemampuan eksternal (ekonomi orang
tua) kurang mendukung selama peserta didik memilih pendidikan lanjutan yang
tepat dan memiliki semangat belajar tinggi maka bukan suatu hal yang
mustahil jika peserta didik tersebut akan berhasil.
Lembar Kerja Siswa
1. Tuliskan
beberapa hadist dari nabi Muhammad SAW, tentang anjuran/hasungan untuk selalu
belajar/ mengembangkan ilmu pengetahuan?
2. Mengapa
siswa perlu mengenal terlebih dahulu sekolah yang akan di masukinya?
3. Bagaimana cara siswa yang memasuki lingkungan sekolah
baru, Jelaskan..!
4. Hal hal apakah yang harus dipahami siswa sebelum
melanjutkan sekolah ke jenjang yang llebih tinggi ?
5. Tuliskan
3 faktor yang perlu diperhatikan sebelum menentukan pilihan sekolah lanjutan?
Assalamualaikum pak, terimakasih
BalasHapusSalma Afiifah Putri 9c
Assalamualaikum pak terimakasih atas tugasnya
BalasHapusAnnisa Maulidawati Sofyan 9C
Assalamualaikum Pak, Terimakasih
BalasHapusSaniya Princess Medina 9C
Assalamualaikum pak terimakasih atas tugasnya
BalasHapusGilang 9B
Assalamualaikum pak makasih materinya
BalasHapusM.faiz.y.p
assalamualaikum pak, terimakasih atas tugasnya
BalasHapus—s.r.azizah 9b
Assalamualaikum pak, terimakasih tugasnya
BalasHapusNadia Adzra Aisyah 9b
Assalamu'alaikum, terimakasih pak
BalasHapusRaisyah 9B
Assalamu'alaikum pak terima kasih
BalasHapusNabila Fakhriyah 9B
Assalamualaikum pak,terimakasih kasih
BalasHapusYuka Ramadani 9B
Assalamualaikum Pak, terimakasih atas tugasnya
BalasHapusFazilatun Nisa 9C
Assalamualaikum pak,terimakasih kasih
BalasHapusLINGGA jaya salendra 9c
Assalamualaikum pak terimakasih atas tugasnya
BalasHapuskhezya zaviera ayunda 9C
Assalamualaikum pak, terimakasih
BalasHapus-Regita Amanda 9B
assalamu'alaikum pak, terimakasih
BalasHapusYesha Kirania Nevita 9C
Assalamualaikum pak, terimakasih
BalasHapusNilam Septia 9C
assalamualaikum pak, terimakasi
BalasHapusAudita Gea Salsabillah 9A
assalamualaikum pak, terimakasih
BalasHapusAlfarin Azzura 9A
Assalamualaikum Pak terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusAhmad Fauzan Harahap 9A
assalamualaikum pak terimakasih tugasnya-aline 9a
BalasHapusassalamualaikum pak, terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusMeissya Arletsia 9A
Assalamualaikum pak terimakasih atas materi dan tugas nya
BalasHapusDiranda Aprilia 9A
Assalamualaikum, Terimakasih pak
BalasHapus-Annisa devina 9a
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh pak oke pak terima kasih banyak atas materi dan tugas nya 🙏🏻
BalasHapus- Anisa Putri 9 A
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Assalamu'alaikum pak terimakasih
BalasHapusArya Wira Wahyudi 9A
assalamualaikum pak terimakasih atas materinya dan tugasnya
BalasHapusnabila ajeng azzahra 9F
assalamualaikum pak terimakasih atas materinya dan tugasnya
BalasHapusM Davie M 9e
Assalamualaikum pak trimakasih
BalasHapusNatasya 9e
assalamualaikum pak, terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapus-M.athalla putra 9E
Terimakasih atas tugasnya Pak
BalasHapus-sarah lX E
terimakasih pak
BalasHapuswijayanti 9e
assalamualaikum pak, terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusR.Dinda Rara Putri 9F
᪤⊹ ࣪˖ Assalamualaikum pak terima kasih atas materinya ៹🛋 ࣪˖🌠◞𖤐 ࣪˖
BalasHapus🗯 ׅ ࣪ Pruezalya Ramadhani Wijaya 9F ! ˖ ࣪ 𖡼 ָ࣪
Assalamualaikum terimakasih pak
BalasHapusAlfi 9E
Assalamualaikum apk,trmks
BalasHapusAnnisa Shalsyabila 9f
Assalamualaikum apk,trmks
BalasHapusRaihan Anandra 9F
Assalamualaikum pak terimakasih
BalasHapusReynaldo RM 9F
~Irsyad 9E
BalasHapusBaik Pak
Assalamualaikum terimakasih atas tugasnya
BalasHapus- Alvia Sefti Anggraini 9D
assalamu'alaikum pak terimakasih
BalasHapusFatiha arta 9d
Assalamualaikum pak terimakasih
BalasHapusM.A Zaidan razzaq 9D
assalamualaikum trimakasih atas tugasnya-Nuri Luthfiah putri 9D
BalasHapusassalamualaikum pak terimakasih atas tugasnya
BalasHapusputri alyaa salsabila 9D
BalasHapusassalamualaikum pak terimakasih atas materinya dan tugasnya🙏
-M.RAFFI ATHALA AMIN 9G
assalamualaikum pak terimakasih
BalasHapusfiryal 9G
Assalamu'alaikum pak Terimakasih
BalasHapusBima saputra 9D
Assalamualaikum Pak, terima kasih
BalasHapus— Maura Lodya Amela 9G
Assalamu'alaikum pak trimakasih Zainuri 9G
BalasHapusassalamualaikum pak terimakasih
BalasHapusmirabel putri winanti 9G
Assalamu'alaikum pak, terimakasih atas tugas dan materinya
BalasHapusSultan Zacky A.H 9G
Assalamualaikum pak, trimakasih atas tugasnya
BalasHapusBerliana Jody 9d
assalamualaikum pak terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapus-kalila islami azzahra 9D
Assalamualaikum pak, terimakasih
BalasHapusKlarisa Rahma Cantika 9B
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
BalasHapusSelamat pagi pak
Terimakasih atas tugas nya
Jihan Khairunnisa 9C
Assalamualaikum pak terimakasih tugasnya
BalasHapusM.A Zaidan razzaq 9D