Hari/Tanggal : Senin, Februari 2022
Jam ke-3 kelas
: IX.B s/d IX.G
Assalamu'alaikum
wr.wb
Subhanalloh,
ananda sholeh dan sholehah bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga
Alloh SWT tetapkan iman dan islam kita semua.................... yuk nikmat
Alloh yang besar ini harus kita syukuri dengan selalu menjaga ketaatan kepada
Alloh jangan sampai kita keluar dari jalan millah ibrohim atau bimbingan Alloh
SWT. termasuk juga dalam sikap dan perilaku sebagai hambanya Alloh tentunya
harus taat kepada petunjuk Alloh melalui tuntunan Nabi kita Muhammad SAW, yang
telah memberikan suritauladan contoh yang baik kepada kita hal ini diperkuat
dengan hadist nabi “sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak.
Jadi
sudah sepantasnya kita belajar keteladadan atau tuntunan bagaimana akhlaknya
nabi kita dalam kehidupannya mulai anak-anak, remaja, bahkan semenjak
dilahirkannya rosul sudah punya keteladanan untuk kita ummatnya. in-syaAlloh.
Wassalamualaikum
wr.wb.
Materi
/Topik
Bahasan : Kemandirian
di usia Remaja.
1. Bidang
Bimbingan : Pribadi.
2. Jenis
Layanan : Penguasaan
konten.
3. Tujuan
Layanan : Agar
siswa dapat lebih mandiri dan
bertanggungjawab
KEMANDIRIAN DI USIA
REMAJA
Pada usia remaja terjadi pertumbuhan yang pesat, maka
tampak remaja secara fisik tubuhnya menjadi besar namun dalam
perkembangan psikhisnya masih bersifat kekanak-kanakan. Karenanya tidak jarang
remaja menjadi pemurung, mudah emosional dan tidak mau disebut sebagai anak
lagi, tetapi juga keberatan kalau disebut dewasa. Remaja dikatakan dewasa
karena berkaitan dengan perkembangan kemandirian dan rasa tanggung jawab.
Perkembangan kemandirian merupakan suatu masalah
penting sepanjang kehidupan manusia. Kemandirian dipengaruhi oleh
perubahan-perubahan fisik, yang pada gilirannya memicu terjadinya perubahan
emosional. Perubahan logis yang memberikan pemikiran tentang cara berfikir yang
mendasari tingkah laku, serta perubahan nilai dalam peran sosial melalui
pengasuhan orangtua dan aktifitas individu. Masalah kemandirian menuntut
kesiapan individu baik fisik maupun emosional untuk mengatur, dan melakukan
aktifitas atas tanggung tanggung jawabnya sendiri tanpa menggantungkan diri
pada orang lain.
Kemandirian biasanya ditandai dengan kemampuan
menentukan nasib sendiri, kreatif dan inisiatif, mengatur tingkah laku,
bertanggung jawab, mampu menahan diri, membuat keputusan, serta mampu mengatasi
masalah tanpa ada pengaruh dari orang lain. Kemandirian merupakan sikap otonomi
dimana individu relatif bebas dari pengaruh penilaian, pendapat dan keyakinan
orang lain. Dengan kemampuannya, individu diharapkan lebih bertanggung jawab
terhadap dirinya sendiri. Kemandirian mengandung pengertian:
- Suatu kondisi dimana seseorang
memiliki hasrat bersaing untuk maju demi kebaikan dirinya sendiri.
- Mampu mengambil keputusan dan
inisiatif untuk mengatasi masalah yang dihadapi.
- Memiliki kepercayaan diri dan
melaksanakan tugas-tugasnya.
- Bertanggung jawab atas apa yang
dilakukannya.
Robert
Havighurt (1972), membedakan kemandirian atas empat bentuk, yaitu:
- Kemandirian emosi, yaitu
kemampuan mengontrol emosi sendiri dan tidak tergantungnya kebutuhan emosi
pada orang lain.
- Kemandirian ekonomi, yaitu;
kemampuan mengatur ekonomi sendiri dan tidak tergantungnya kebutuhana
ekonomi orang lain.
- Kemandirian intelektual, yaitu:
kemampuan untuk mengatasi berbagai masalah yang sedang dihadapi.
- Kemandirian sosial, yaitu:
kemampuan untuk mengadakan interaksi dengan orang lain dan tidak
tergantung pada aksi orang lain.
Pentingnya kemandirian bagi seorang pelajar dapat
dilihat dari situasi kompleksitas kehidupan, yang secara langsung atau tidak
langsung memberikan pengaruh. Berbagai fenomena yang sering terjadi karena
kurangnya kemandirian pelajar, dan sangat perlu perhatian, seperti: perkelaian
antar pelajar, penyalagunaan obat dan alkohol, perilaku agresif, dan berbagai
perilaku menyimpang yang sudah mengarah pada tindak kriminal. Dalam konteks
proses belajar, fenomena pelajar yang kurang mandiri dalam belajar,
yang dapat menimbulkan gangguan mental pada pendidikan lanjutan, kebiasaan
belajar yang kurang baik( tidak betah belajar lama, atau belajar hanya
menjelang ujian, membolos, menyontek, dan mencari bocoran soal-soal ujian).
Beberapa gejala yang berhubungan dengan permasalahan
kemandirian yang perlu mendapat perhatian, diantaranya adalah:
- Ketergatungan disiplin pada
kontrol luar bukan karena niat sendiri yang ikhlas. Perilaku seperti itu
mengarah pada tidak konsisten, perilaku formalistik, keterpaksaan,
sehingga menghambat etos kerja dan kehidupan yang mapan.
- Sikap tidak peduli terhadap
lingkungan hidup, yang menunjukkan kemandirian masyarakat yang masih
rendah, karena manusia mandiri adalah manusia yang tidak lepas dari
lingkungannya.
- Sikap hidup konformistis tanpa
pemahaman dan konformistis dengan mengorbankan prinsip, adanya faham
segala sesuatu bisa diatur yang berkembang dalam masyarakat. Hal tersebut
menunjukkkan ketidakjujuran dalam berfikir dan bertindak serta kemandirian
yang masih rendah.
Lembar
Kerja Siswa
1. Apa nasehat bijak yang pernah kalian dapatkan
tentang pemuda sebagai harapan masa depan bangsa?....
2. Menurutmu seberapa penting kemandirian bagi seorang
pelajar? Jabarkan....
3. Apa yang sudah kalian lakukan agar kalian lebih
mandiri di usia remaja?
4. Ceritakan secara singkat bagaimana
kisah kehidupan Rosullulloh dimasa remajanya yang kalian ketahui?....
5. Apa yang dipesankan bungkarno terhadap
para pemuda?....
Assalamualaikum pak, terimakasih atas tugasnya
BalasHapusAnnisa Maulidawati Sofyan 9C
Assalamualaikum pak, terimakasih atas tugas & materi
BalasHapuskhezya ayunda 9C
assalamualaikum pak, terimakasih
BalasHapusAnggi Anggraini 9c
Assalamualaikum Pak, terimakasih atas tugasnya
BalasHapusFazilatun Nisa 9C
Assalamualaikum Pak, Terimakasih
BalasHapusSaniya Princess Medina 9C
Assalamualaikum pak, terimakasih
BalasHapusGamma Bramulya Arhaburrizqi 9C
Assalamualaikum terimakasih pak
BalasHapusAlfi 9E
assalamualaikum pak, terimakasih
BalasHapussevina Amanda Putri 9C
Assalamualaikum pak
BalasHapusFadhila Nur Al Akwa
9E
Assalamualaikum bu terimakaish
BalasHapusRidho tri islando 9E
~Irsyad 9E
BalasHapusBaik Pak
Assalamualaikum pak, terimakasih atas materi dan tugasnya 🙏🏻
BalasHapusAlifia Sabrina 9B
Assalamualaikum pak, terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusKlarisa Rahma Cantika 9B
assalamualaikum pak terimakasih
BalasHapus-Desty auliya utami 9G
Assalamualaikum pak, terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusjuan 9b
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusAssalamualaikum pak, terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusGilang 9B
Assalamualaikum pak, terimakasih atas materi dan tugasnya..
BalasHapus-winda9G
assalamualaikum pak, terimakasih
BalasHapusAmanda Wahyuni 9G
Assalamualaikum pak terimakasih atas tugasnya Elifa Dewi Baryza 9B 🙏
BalasHapusAssalamualaikum Pak, terima kasih
BalasHapus— Maura Lodya Amela 9G
Assalamu'alaikum, terimakasih pak
BalasHapusRaisyah Hanifa 9B
Assalamualaikum pak terimakasih
BalasHapus-atika ghaisani 9G
Assalamu'alaikum pak terima kasih
BalasHapusNabila Fakhriyah 9B
Assaalmualaikum pak makasih materinya
BalasHapusM.faiz y.p 9B
Assalamu'alaikum pak terima kasih
BalasHapus-arissa syafina 9b
Assalamualaikum pak terimakasih
BalasHapusAnggita meyshafa aulya 9B
Assalamualaikum pak, terimakasih
BalasHapusNadia Adzra A. 9b
assalamualaikum
BalasHapusdera 9f