Komponen |
: |
Layanan Dasar |
|
||||
Bidang Layanan |
: |
Belajar |
|
||||
Topik /
Tema Layanan |
: |
Cara Belajar Di Sekolah Baru |
|
||||
Aspek Perkembangan |
: |
Pengembangan Pribadi |
|
||||
Capaian Layanan |
: |
Peserta didik mampu melakukan
aktivitas keseharian untuk mengembangkan potensi dan hobi yang dimilikinya,
memiliki sifat positif terhadap diri sendiri, mengenali kualitas dan minat diri, serta memiliki
karakter kejujuran dan tanggung jawab. |
|
||||
Kelas/Semester
|
: |
VII/Ganjil |
Dimensi PPP |
: |
Mandiri |
|
|
Fase |
: |
D |
Alokasi waktu |
: |
1 X 40
Menit |
|
Tujuan Layanan 1. Peserta
didik menganalis cara-cara belajar di sekolah baru 2. Peserta
didik dapat menilai cara belajar di sekolah dan di rumah. |
Materi
CARA
BELAJAR DI SEKOLAH BARU
Pengertian Belajar
Keberhasilan seseorang banyak dipengaruhi oleh bagaimana
cara belajar yang dilakukannya. Untuk itu kita harus memahami apa yang dimaksud
dengan belajar. Belajar adalah suatu kegiatan yang ditandai adanya perubahan
sikap pada seseorang, dari tidak bisa menjadi bisa dari tidak mengerti menjadi
mengerti, dari tidak trampil menjadi trampil.
Perubahan sikap tersebut mencakup :
§ Perubahan
pengetahuan (kognitif) yaitu dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak bisa
menjadi bisa.
§ Perubahan
sikap (Afektif) dari perilaku negatif menjadi perilaku positif.
§ Perubahan
ketrampilan (psikomotor) dari tidak trampil menjadi trampil.
Belajar juga merupakan hasil dari pengalaman dan latihan yang
berkelanjutan. Agar belajar efektif dan mendapatkan hasil yang optimal, maka
perlu kita perhatikan faktor-faktor yang berkaitan dengan belajar.
Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam belajar
Untuk
memperoleh belajar yang efektif dan hasil yang optimal, ada beberapa faktor
yang harus diperhatikan dalam belajar, seperti berikut :
1.
Ada niat belajar yang tertanam dalam diri.
2.
Banyak membaca bahan-bahan pelajaran baik buku pegangan
yang ditentukan oleh sekolah maupun buku penunjang, sehingga ilmu pengetahuna
yang dimiliki semakin luas.
3.
Memperbanyak latihan-latihan, terutama dalam
menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan sekolah.
4.
Waktu belajar harus diatur sedemikian rupa, agar tidak
menimbulkan kejenuhan.
5.
Membuat jadwal belajar latihan latihan serta
melaksanakannya dengan penuh disiplin.
6.
Mengkonsentrasikan diri dalam belajar, karena hal ini
sangat erat hubungannya dengan daya tangkap.
7.
Tempat belajar perlu diatur sedemikian rupa, agar
tercipta lingkungan belajar yang enak dan menyenangkan.
Sekolah merupakan suatu lembaga pendidikan formal, tempat
berlangsungnya proses KBM atau kegiatan belajar mengajar. Keberhasilan belajar
disekolah sangat tergantung dari cara belajar yang diterapkan siswa.
Berikut ini akan dibahas beberapa cara belajar siswa disekolah antara lain
:
1.
Dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) ada beberapa hal
yang perlu diperhatikan siswa, yaitu :
§ Menyiapkan
diri sebelum guru masuk kelas
§ Membiasakan diri berdo’a sebelum kegiatan belajar dimulai
§ Memperhatikan
penjelasan guru dengan penuh konsentrasi
§ Bertanya
jika ada penjelasan guru yang kurang jelas
§ Mencatat
hal-hal yang penting
§ Membuat
rangkuman
§ Mau
berdiskusi dengan teman-teman terhadap materi pelajaran yang sedang
dipelajari,hingga memperoleh pemahaman dan kesamaan pendapat
2.
Belajar mandiri / sendiri
Belajar mandiri merupakan suatu proses belajar yang dilakukan oleh siswa
sendiri, membahas materi pelajaran dan dilakukan pada waktu jam-jam kosong
serta mendapat tugas dari guru, seperti membaca buku pelajaran, membuat
rangkuman, mengerjakan latihan dan lain-lain
3.
Belajar Kelompok
Belajar kelompok merupakan belajar bersama-sama antara beberapa siswa,
membahas suatu materi pelajaran yang diberikan oleh gurunya. Dalam kegiatan
belajar kelompok biasanya diadakan diskusi kelompok yaitu membahas suatu
persoalan bersma-sama dengan menampung dan menerima berbagai pendapat dari
teman-teman yang ikut dalam diskusi kelompok, kemudian dijadikan suatu
kesimpulan atau
suatu pendapat .
Cara-cara belajar dirumah
Setelah kita mempelajari cara belajar di sekolah perlu
pula kita pelajari dan pahami cara belajar di rumah, mengingat belajar dirumah
waktunya jauh lebih banyak dibandingkan dengan waktu belajar di sekolah yang
terbatas. Belajar dirumah bisa diatur
sesuai dengan situasi dan kondisi serta kemampuan kita. Namun
sebaiknya perlu kita perhatikan beberapa hal penting sebagai berikut :
1. Mengatur
waktu belajar
Cara mengatur waktu belajar dirumah sangat penting.
Keteraturan belajar merupakan langkah utama keberhasilan, untuk itu buatlah
rencana belajar sesuai dengan waktu sekolah anda, misalnya Anda sekolah siang
hari, maka malam hari digunakan untuk mengerjakan PR dan tugas-tugas yang
diberikan oleh guru tadi siang. Kalau masih ada waktu baca catatan pelajaran
tadi siang mumpung masih hangat dalam ingatan supaya lebih dikuasai. Besuk pagi
digunakan untuk menyiapkan dan menghafal pelajaran besuk siang.
2. Mengulang
Pelajaran atau Menghafal
Menghafal atau mengulang pelajaran dapat dilakukan dengan cara membaca dan
menyimak buku pelajaran, terutama bahan-bahan pelajaran yang ada dibuku yang
akan dibahas besuk disekolah.
Berikut ini beberapa cara menghafal :
§ Memahami
tujuan materi pelajaran yang dihafal
§ Mengatur
waktu menghafal, karena otak memiliki keterbatasan
§ Menghafal
dilakukan secara terus menerus dan disiplin
§ Ciptakan
suasana tenang, karena dengan suasana tenang kita dapat menghafal dengan baik
§ Bila
ada kata-kata / kalimat yang sulit dihafal, dibaca dengan suasana nyaring
berulang-ulang
§ Istilah
bahasa latin hendaknya dibaca berulang-ulang sampai hafal menulis dan
mengucapkannya
§ Rumus-rumus,
simbul-simbul dan logaritma dalam Matematika dan IPA harus sering diterapkan
dalam latihan, sehingga akhirnya dikuasai dan hafal.
3. Membuat
Ringkasan
Dalam belajar dirumah selain mengatur waktu belajar dan
mengahafal pelajaran kita juga perlu membuat ringkasan. Beberapa
cara membuat ringkasan antara lain :
§ Menandai
pada hal yang dianggap pokok atau penting dari bahan pelajaran yang dibaca,
dengan menggaris bawahi.
§ Membuat
kerangka ringkasan / bagan berdasarkan hal – hal yang telah ditandai tersebut
agar memperoleh gambaran secara keseluruhan
4. Membaca
dengan Baik
Membaca bukan merupakan suatu pelajaran yang pasif, tapi
perlu usaha untuk dapat memahami dan mengerti apa yang dibaca. Karena itu dalam
membaca perlu ada suatu cara atau
metode yang tepat, seperti berikut ini :
§ Bacalah secara keseluruhan dari kalimat permulaan sampai bagian akhir, kemudian baca ulang
Evaluasi 1. Evaluasi Proses : Memperhatikan proses layanan dengan refleksi
hasil masing-masing peserta didik dan sikap atau antusias peserta didik
dalam mengikuti kegiatan layanan. 2. Evaluasi Hasil : Evaluasi
setelah mengikuti kegiatan klasikal, antara lain: merasakan Suasana
menyenangkan,pentingnya topik yang dibahas, cara penyampaian yang menarik. |
bagian-bagian pokok
§ Membuat
pertanyaan-pertanyaan sendiri, guna lebih memahami isi bacaan
§ Mengadakan
diskusi pribadi, berdialog dengan pikiran sendiri
§ Menguji
seberapa jauh hal-hal yang telah dibaca itu masih ada dalam ingatan dengan
jawab atau dengan mengerjakan latihan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar