Selasa, 23 Juli 2024

pentingnya kontrak belajar

Komponen 

:

Layanan Dasar

Bidang Layanan

:

Belajar Sosial

Topik / Tema Layanan

:

Gaya belajar

Kelas / waktu

:

VII tgl, 23 Juli  2024

Pengampu

:

Yulian Wilyanus


Tujuan Layanan:

Peserta didik mendapatkan manfaat dari sebuah pembelajaran di sekolah. 

Apersepsi : 

Menanyakan kesiapan peserta didik/konseli untuk mengikuti bimbingan

Memeriksa atribut kelangkapan 

Memulai dengan mengungkapkan masa perpindahan jenjang pembelajaran dari sekolah dasar ke sekolah menengah pertama dimana pesertadidik akan mengalami berbagimacam adaptasi yang sudah dimulai dari masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).


Materi bimbingan :





Apa itu Kontrak Belajar Siswa?

Menurut Geoff Anderson, kontrak belajar adalah adalah dokumen yang digunakan untuk membantu dalam perencanaan proyek pembelajaran. Kontrak belajar ini merupakan perjanjian tertulis yang dinegosiasikan antara pelajar dan guru, dosen atau staf penasihat bahwa kegiatan tertentu akan dilakukan untuk mencapai tujuan atau sasaran pembelajaran tertentu

Intinya, kontrak belajar siswa adalah dokumen atau komitmen antara siswa dan guru untuk membantu memastikan bahwa siswa terlibat dalam pembelajaran sesuai dengan rancangan dan tujuan pendidikan. 

Kontrak tersebut harus menguraikan harapan masing-masing pihak, seperti:

  • Apa yang diharapkan dari siswa?
  • Kemajuan seperti apa yang harus mereka capai dan kapan mereka harus mencapai pencapaian mereka?
  • Bagaimana guru akan mendukung mereka selama waktu pembelajaran?

Manfaat Kontrak Belajar Siswa

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat dirasakan apabila membuat kontrak belajar bagi siswa diantaranya:

  1. Kontrak belajar siswa adalah cara yang sederhana namun efektif untuk mendorong keterlibatan dan keberhasilan yang lebih besar di dalam kelas. Dengan memberikan ekspektasi, jadwal, dan tujuan yang jelas kepada siswa, guru dapat membantu mereka merencanakan kesuksesan secara efisien.
  2. Dengan kontrak belajar, guru dapat dengan mudah memetakan semua mata pelajaran, siswa lebih mampu memahami tujuan keseluruhan dan menyelaraskan kegiatan sehari-hari mereka dengan tujuan tersebut. 
  3. Melatih sikap dan kedisiplinan siswa
  4. Menerapkan keadilan.dan transparansi di sekolah atau kelas
  5. Dapat meningkatkan kolaborasi antara guru dan siswa. Kontrak ini memberikan kesempatan bagi guru untuk mengkomunikasikan ekspektasi secara jelas dan kemudian berdialog secara berkelanjutan dengan setiap siswa tentang kemajuan mereka – dan memberikan umpan balik bila diperlukan. 
  6. Meningkatkan komunikasi dua arah dengan memperkuat hubungan antara guru dan siswa, yang mengarah pada kolaborasi yang lebih produktif di dalam kelas.

Komponen Kontrak Belajar Siswa

Kontrak belajar siswa adalah perjanjian antara siswa dan guru yang menguraikan harapan untuk kelas dan bagaimana kinerja akan dievaluasi. Kontrak ini harus mencakup komponen-komponen berikut:

  1. Menetapkan Tujuan Bersama
    Kontrak tersebut harus secara jelas mendefinisikan apa yang diharapkan dari guru dan siswa untuk memastikan bahwa semua orang memiliki pemahaman yang sama. Hal ini dapat mencakup kebijakan tentang kehadiran, tugas, nilai, dan harapan lain yang mungkin muncul selama masa belajar.
  1. Strategi dan Sumber Daya
    Kontrak pembelajaran yang dibuat memuat segala kegiatan dan aturan-aturan yang diberlakukan dan harus ditaati oleh siswa. Untuk menjalankan kegiatan tersebut diperlukan partisipasi dalam penyelesaian penugasan.
  1. Garis waktu
    Menetapkan garis waktu dapat menciptakan rasa urgensi dan memastikan bahwa siswa berada di jalur yang benar atau memiliki waktu untuk melakukan penyesuaian jika diperlukan. Garis waktu harus secara jelas menguraikan tanggal jatuh tempo tugas, tes, dan pencapaian lainnya yang merupakan bagian dari pembelajaran.
  1. Perjanjian Kolaborasi
    Penting untuk mendiskusikan ekspektasi secara terbuka dengan siswa mengenai kolaborasi dalam proyek atau tugas dengan teman sekelas. Menetapkan aturan yang jelas dan mudah dipahami oleh semua orang akan membantu menghindari masalah yang berkaitan dengan plagiarisme atau kecurangan.
  1. Tentukan Penilaian Kinerja
    Dengan menyertakan bagian tentang bagaimana kinerja akan dinilai, Anda dapat memastikan bahwa siswa memahami kriteria keberhasilan di kelas Anda dan apa yang harus mereka lakukan untuk memenuhinya. Hal ini dapat mencakup metrik yang nyata seperti catatan kehadiran, tes, ujian, atau tugas tertulis dan presentasi.
  1. Kesepakatan Bersama 
    Setelah kedua belah pihak menyetujui semua yang ada di dalam kontrak, mintalah mereka untuk menandatanganinya agar keduanya bertanggung jawab atas ketentuan-ketentuannya. Hal ini memungkinkan Anda untuk memiliki catatan tertulis tentang diskusi Anda serta sebagai referensi jika ada pertanyaan atau perselisihan di kemudian hari.
  1. Penyelesaian dan Hukuman
    Setiap perjanjian yang dibuat harus memuat poin-poin hukuman yang akan diberikan kepada siswa apabila mereka melanggar.

 Evaluasi

1. Proses : 

Memperhatikan proses layanan dengan refleksi hasil masing-masing peserta didik dan Sikap atau antusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan layanan.

2. Hasil : 

Evaluasi setelah mengikuti kegiatan klasikal, antara lain: merasakan suasana yang menyenangkan,pentingnya topik yang dibahas, cara penyampaian yang menarik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGHARGAI PERBEDAAN DAN KEBERAGAMAN

    Materi /Topik Bahasan                              :     Menghargai perbedaan dan keberagama.    Bidang B imbingan                      ...