Komponen | : | Layanan Dasar |
Bidang Layanan | : | Belajar Sosial |
Topik / Tema Layanan | : | Stop Bullying |
Kelas / waktu | : | IX tgl, 31 Oktober 2023 |
Pengampu | : | Yulian Wilyanus |
Peserta didik dapat menciptakan suasana lingkungan pendidikan sekolah tanpa kekerasan.
Apersepsi :
Menanyakan kesiapan peserta didik/konseli untuk mengikuti bimbingan
Memeriksa atribut kelangkapan
Memulai dengan mengungkapkan kondisi akhir-akhir ini dimana tindakan perundungan atau kekerasa marak / banyak terjadi dimana-mana tidak ketinggalan dikalangan pelajar. Diawali ejek-ejekan, becanda yang berlebihan menjadi penyebab terbanyak keributan antar pelajar baik sesama teman dikelas antar kelas bahkan menyulut tawuran pelajar antar sekolah.
Diawali bercanda, verbal, fisik menjadi Bullying !!!
Materi bimbingan :
Bullying adalah tindakan penggunaan kekuasaan untuk menyakiti seseorang atau sekelompok orang baik secara verbal, fisik, maupun psikologis sehingga korban merasa tertekan, trauma dan tak berdaya. (Sejiwa, 2008).
Peserta didik dapat menciptakan suasana lingkungan pendidikan sekolah tanpa kekerasan. dan dapat menumbuhkan rasa empati, berjiwa penolong, tidak diam ketika melihat seseorang yang sedang dibully.
Evaluasi
1. Proses :
Memperhatikan proses layanan dengan refleksi hasil masing-masing peserta didik dan Sikap atau antusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan layanan.
2. Hasil :
Evaluasi setelah mengikuti kegiatan klasikal, antara lain: merasakan suasana yang menyenangkan,pentingnya topik yang dibahas, cara penyampaian yang menarik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar