KEMANDIRIAN DIUSIA REMAJA
Hari/Tanggal : Kamis, 26 Agustus 2021
Jam ke-2 kelas
: IX E
Jam ke-3 kelas
: IX G
Assalamu'alaikum
wr.wb
Subhanalloh,
ananda sholeh dan sholehah bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga
Alloh SWT tetapkan iman dan islam kita semua.................... yuk nikmat
Alloh yang besar ini harus kita syukuri dengan selalu menjaga ketaatan kepada
Alloh jangan sampai kita keluar dari jalan millah ibrohim atau bimbingan Alloh
SWT. termasuk juga dalam sikap dan perilaku sebagai hambanya Alloh tentunya
harus taat kepada petunjuk Alloh melalui tuntunan Nabi kita Muhammad SAW, yang
telah memberikan suritauladan contoh yang baik kepada kita hal ini diperkuat
dengan hadist nabi “sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak.
Jadi
sudah sepantasnya kita belajar keteladaNan atau tuntunan bagaimana akhlaknya
nabi kita dalam kehidupannya mulai anak-anak, remaja, bahkan semenjak
dilahirkan, bayi-nya rosul sudah dapat memberikan contoh yang baik atau keteladanan
untuk kita ummatnya. Apa keteladanan nabi ketika masih bayi mungil adalah
dia tidak mau mengambil hak saudara sesusuannya in-syaAlloh.
Wassalamualaikum wr.wb.
Materi /Topik
Bahasan : Kemandirian
di usia Remaja.
1. Bidang Bimbingan : Pribadi.
2. Jenis Layanan : Penguasaan konten.
3. Tujuan Layanan : Agar siswa dapat lebih mandiri dan
bertanggungjawab
4. Fungsi Layanan : Pemahaman
5. Sasaran
Layanan/Semester : Kelas
IX/ Ganjil
KEMANDIRIAN DI USIA REMAJA
Pada usia remaja
terjadi pertumbuhan yang pesat, maka tampak remaja secara fisik
tubuhnya menjadi besar namun dalam perkembangan psikhisnya masih bersifat
kekanak-kanakan. Karenanya tidak jarang remaja menjadi pemurung, mudah
emosional dan tidak mau disebut sebagai anak lagi, tetapi juga keberatan kalau
disebut dewasa. Remaja dikatakan dewasa karena berkaitan dengan perkembangan
kemandirian dan rasa tanggung jawab.
Perkembangan
kemandirian merupakan suatu masalah penting sepanjang kehidupan manusia. Kemandirian
dipengaruhi oleh perubahan-perubahan fisik, yang pada gilirannya memicu
terjadinya perubahan emosional. Perubahan logis yang memberikan pemikiran
tentang cara berfikir yang mendasari tingkah laku, serta perubahan nilai dalam
peran sosial melalui pengasuhan orangtua dan aktifitas individu. Masalah
kemandirian menuntut kesiapan individu baik fisik maupun emosional untuk
mengatur, dan melakukan aktifitas atas tanggung tanggung jawabnya sendiri tanpa
menggantungkan diri pada orang lain.
Kemandirian biasanya
ditandai dengan kemampuan menentukan nasib sendiri, kreatif dan inisiatif,
mengatur tingkah laku, bertanggung jawab, mampu menahan diri, membuat
keputusan, serta mampu mengatasi masalah tanpa ada pengaruh dari orang lain.
Kemandirian merupakan sikap otonomi dimana individu relatif bebas dari pengaruh
penilaian, pendapat dan keyakinan orang lain. Dengan kemampuannya, individu
diharapkan lebih bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Kemandirian
mengandung pengertian:
1.
Suatu kondisi dimana seseorang memiliki hasrat bersaing untuk maju demi
kebaikan dirinya sendiri.
2.
Mampu mengambil keputusan dan inisiatif untuk mengatasi masalah yang
dihadapi.
3.
Memiliki kepercayaan diri dan melaksanakan tugas-tugasnya.
4.
Bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya.
Robert Havighurt (1972), membedakan
kemandirian atas empat bentuk, yaitu:
1.
Kemandirian emosi, yaitu kemampuan mengontrol emosi sendiri dan tidak
tergantungnya kebutuhan emosi pada orang lain.
2.
Kemandirian ekonomi, yaitu; kemampuan mengatur ekonomi sendiri dan tidak
tergantungnya kebutuhana ekonomi orang lain.
3.
Kemandirian intelektual, yaitu: kemampuan untuk mengatasi berbagai masalah
yang sedang dihadapi.
4.
Kemandirian sosial, yaitu: kemampuan untuk mengadakan interaksi dengan
orang lain dan tidak tergantung pada aksi orang lain.
Pentingnya kemandirian
bagi seorang pelajar dapat dilihat dari situasi kompleksitas kehidupan, yang
secara langsung atau tidak langsung memberikan pengaruh. Berbagai fenomena yang
sering terjadi karena kurangnya kemandirian pelajar, dan sangat perlu
perhatian, seperti: perkelaian antar pelajar, penyalagunaan obat dan alkohol,
perilaku agresif, dan berbagai perilaku menyimpang yang sudah mengarah pada
tindak kriminal. Dalam konteks proses belajar, fenomena pelajar yang
kurang mandiri dalam belajar, yang dapat menimbulkan gangguan mental pada
pendidikan lanjutan, kebiasaan belajar yang kurang baik( tidak betah belajar
lama, atau belajar hanya menjelang ujian, membolos, menyontek, dan mencari
bocoran soal-soal ujian).
Beberapa gejala yang
berhubungan dengan permasalahan kemandirian yang perlu mendapat perhatian,
diantaranya adalah:
1.
Ketergatungan disiplin pada kontrol luar bukan karena niat sendiri yang
ikhlas. Perilaku seperti itu mengarah pada tidak konsisten, perilaku
formalistik, keterpaksaan, sehingga menghambat etos kerja dan kehidupan yang
mapan.
2.
Sikap tidak peduli terhadap lingkungan hidup, yang menunjukkan kemandirian
masyarakat yang masih rendah, karena manusia mandiri adalah manusia yang tidak
lepas dari lingkungannya.
3.
Sikap hidup konformistis tanpa pemahaman dan konformistis dengan
mengorbankan prinsip, adanya faham segala sesuatu bisa diatur yang berkembang
dalam masyarakat. Hal tersebut menunjukkkan ketidakjujuran dalam berfikir dan
bertindak serta kemandirian yang masih rendah.
Lembar Kerja Siswa
1. Berdasarkan paparan materi
bimbingan diatas, tuliskanlah pendapatmu tentang seberapa penting kemandirian
bagi seorang pelajar?....
2. Apa yang sudah kalian
lakukan dalam kehidupan sehari-hari agar kalian lebih mandiri dan bisa
menyongsong masa depan yang baik?
3. Tulikanlah kisah
singkat kehidupan Rosullulloh dimasa remaja-nya yang kalian
ketahui?....
assalamu'alaikum pak, terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusNazwa Rizka Aulia 9G
Assalamualaikum pak terimakasih atas materinya dan tugasnya
BalasHapusAlfi 9E
Assalamualaikum pak terimakasih atas materinya dan tugasnya
BalasHapusFadhila 9E
AssalamualaikumO pak trimakasih
BalasHapus-natasya 9E
Assalamualaikum Pak, terima kasih materi dan tugasnya
BalasHapus— Maura Lodya Amela 9G
~Irsyad 9E
BalasHapusBaik Pak
assalamualaikum terimakasih pak -cut ajirna afifah azahra 9e
BalasHapusAssalamualaikum terima kasih pak
BalasHapusAzman Fathary B 9E
Assalamualaikum Pak, terima kasih materi dan tugasnya
BalasHapus— M Davie M 9e
assalamualaikum terima kasih pak
BalasHapusWijayanti 9e
Assalamualaikum pak terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapus-Yoga Ardiansyah 9E