M
a
t
e
r
i
KEMANDIRIAN REMAJA
Pada
usia remaja terjadi pertumbuhan yang pesat, maka tampak remaja secara fisik tubuhnya menjadi besar namun
dalam perkembangan psikhisnya masih bersifat kekanak-kanakan. Karenanya tidak
jarang remaja menjadi pemurung, mudah emosional dan tidak mau disebut sebagai
anak lagi, tetapi juga keberatan kalau disebut dewasa. Remaja dikatakan dewasa
karena berkaitan dengan perkembangan kemandirian dan rasa tanggung jawab.
Perkembangan
kemandirian merupakan suatu masalah penting sepanjang kehidupan manusia.
Kemandirian dipengaruhi oleh perubahan-perubahan fisik, yang pada gilirannya memicu
terjadinya perubahan emosional. Perubahan logis yang memberikan pemikiran
tentang cara berfikir yang mendasari tingkah laku, serta perubahan nilai dalam
peran sosial melalui pengasuhan orangtua dan aktifitas individu. Masalah
kemandirian menuntut kesiapan individu baik fisik maupun emosional untuk
mengatur, dan melakukan aktifitas atas tanggung tanggung jawabnya sendiri tanpa
menggantungkan diri pada orang lain.
Kemandirian
biasanya ditandai dengan kemampuan menentukan nasib sendiri, kreatif dan inisiatif,
mengatur tingkah laku, bertanggung jawab, mampu menahan diri, membuat
keputusan, serta mampu mengatasi masalah tanpa ada pengaruh dari orang lain.
Kemandirian merupakan sikap otonomi dimana individu relatif bebas dari pengaruh
penilaian, pendapat dan keyakinan orang lain. Dengan kemampuannya, individu
diharapkan lebih bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Kemandirian
mengandung pengertian:
- Suatu kondisi
dimana seseorang memiliki hasrat bersaing untuk maju demi kebaikan dirinya
sendiri.
- Mampu mengambil
keputusan dan inisiatif untuk mengatasi masalah yang dihadapi.
- Memiliki
kepercayaan diri dan melaksanakan tugas-tugasnya.
- Bertanggung
jawab atas apa yang dilakukannya.
Robert Havighurt (1972), membedakan kemandirian atas empat bentuk, yaitu:
- Kemandirian
emosi, yaitu kemampuan mengontrol emosi sendiri dan tidak tergantungnya
kebutuhan emosi pada orang lain.
- Kemandirian
ekonomi, yaitu; kemampuan mengatur ekonomi sendiri dan tidak tergantungnya
kebutuhana ekonomi orang lain.
- Kemandirian
intelektual, yaitu: kemampuan untuk mengatasi berbagai masalah yang sedang
dihadapi.
- Kemandirian
sosial, yaitu: kemampuan untuk mengadakan interaksi dengan orang lain dan
tidak tergantung pada aksi orang lain.
Pentingnya
kemandirian bagi seorang pelajar dapat dilihat dari situasi kompleksitas
kehidupan, yang secara langsung atau tidak langsung memberikan pengaruh.
Berbagai fenomena yang sering terjadi karena kurangnya kemandirian pelajar, dan
sangat perlu perhatian, seperti: perkelaian antar pelajar, penyalagunaan obat dan
alkohol, perilaku agresif, dan berbagai perilaku menyimpang yang sudah mengarah
pada tindak kriminal. Dalam konteks proses belajar, fenomena pelajar yang kurang mandiri dalam belajar, yang dapat
menimbulkan gangguan mental pada pendidikan lanjutan, kebiasaan belajar yang
kurang baik( tidak betah belajar lama, atau belajar hanya menjelang ujian,
membolos, menyontek, dan mencari bocoran soal-soal ujian).
Beberapa
gejala yang berhubungan dengan permasalahan kemandirian yang perlu mendapat
perhatian, diantaranya adalah:
- Ketergatungan
disiplin pada kontrol luar bukan karena niat sendiri yang ikhlas. Perilaku
seperti itu mengarah pada tidak konsisten, perilaku formalistik,
keterpaksaan, sehingga menghambat etos kerja dan kehidupan yang mapan.
- Sikap tidak peduli
terhadap lingkungan hidup, yang menunjukkan kemandirian masyarakat yang
masih rendah, karena manusia mandiri adalah manusia yang tidak lepas dari
lingkungannya.
- Sikap hidup
konformistis tanpa pemahaman dan konformistis dengan mengorbankan prinsip,
adanya faham segala sesuatu bisa diatur yang berkembang dalam masyarakat.
Hal tersebut menunjukkkan ketidakjujuran dalam berfikir dan bertindak
serta kemandirian yang masih rendah.
Lembar Kerja Siswa
1. Pentingkah
kemandirian bagi kalian sebagai seorang pelajar?
2. Apa
yang sudah kalian lakukan agar kalian lebih mandiri?
3. Menurut Robert Havighurt kemandirian dibagi menjadi empat apa saja?
LEMBAR REFLEKSI DIRI
Pilihlah
dengan cara mencentang ( √ ) jawaban “YA” apabila anda setuju dan jawaban “
TIDAK” apabila anda tidak setuju
R E F L E K S I |
YA |
TIDAK |
Saya merasa sangat perlu dengan materi ini |
|
|
Menurut saya materi ini sangat menarik |
|
|
Saya sangat memahami materi yang telah diberiikan |
|
|
Saya merasa sangat perlu bantuan dari guru BK untuk lebih
dapat mandiri. |
|
|
Assalamualaikum wr.wb.
BalasHapussiswa/i yang soleh/solehah apa kabar kalian semua generasi muslim pejuang penerus risalah kenabian...
sebelum memulai belajar jangan lupa berdoa terlebih dahulu dengan doa2 yang sudah biasa dilafalkan Roditubillahirobba, wabil islamidina, wabi muhammaddin nabi yau warosula. Robbi zidni ilma, warzukni fahma
materi agar dibaca dengan baik dan kerjakan LKS, Refleksinya?...
Ok pak terimakasih materinya
BalasHapus-fathia thirza dianti 9B
jazakaloh khoiron anak soleha, tetap semangat belajar ya
HapusOke pak, Terima kasih
BalasHapusNabil aura hasya 9b
jazakaloh khoiron anak soleha, tetap semangat belajar ya
HapusOk pak terima kasih
BalasHapusRadit heka ramadhan 9b
jazakaloh khoiron anak soleh, tetap semangat belajar ya
HapusOk pak terimakasih
BalasHapus-alifah nur w 9b
Ok pak terima kasih
BalasHapusAlita aura 9b
Terima kasih pak materinya
BalasHapuscaesar abdurrahman 9B
jazakaloh khoiron anak soleh, tetap semangat belajar ya
Hapusterimakasih pak
BalasHapusadara elma 9d
jazakaloh khoiron anak soleha, tetap semangat belajar ya
HapusTrims pak materinya
BalasHapusRadithya Wirasena 9b
jazakaloh khoiron anak soleh, tetap semangat belajar ya
HapusTerimakasih pak atas materi nya
BalasHapus-salsabila cintami addri 9b
Trimakasih pak materinya
BalasHapusNeza agnesia 9d
jazakaloh khoiron anak soleha, tetap semangat belajar ya
HapusBaik pak terima kasih atas materi nya
BalasHapus-Abell Nadila Zahra 9d
Terima kasih pak materinya
BalasHapusAdmaza septa tri Suseno 9B
Trimakasih pak atas materinya
BalasHapusBima cahya Ramadhan 9D
Terimakasih Pak atas materinya
BalasHapusRahadian Nauffal Rusiwa 9B
terimakasi pak
BalasHapusshafira intan zahrani 9b
Terima kasih pak
BalasHapussagita abdhi d. 9B
Terima kasih Pak
BalasHapusRiffa Yudika P 9D
Terima kasih pak
BalasHapusRizky Kurniawan 9d
Terimakasih pak
BalasHapusM. Kelviandra 9b
Terimakasih pak
BalasHapusSiti astiya zulfa 9D
Terimakasih untuk materinya pak
BalasHapusAndini Nailah Z 9B
Terimakasih untuk materinya pak
BalasHapusAndini Nailah Z 9B
terimakasih pak untuk materinya
BalasHapusAdelia Rafa Na'ilah 9b
Terima kasih pak
BalasHapus__Suci Ramadhani 9G
trimakasih pak
BalasHapusAmanda Shafa T 9c
Terima kasih pak
BalasHapus-sasta humayra 9c
Terimakasih pak atas materinya -alyaa Raisya Rahmadhani IX c
BalasHapus