Rabu, 02 September 2020

KEMANDIRIAN REMAJA

 

M a t e r i

KEMANDIRIAN REMAJA

Pada usia remaja terjadi pertumbuhan yang pesat, maka tampak remaja  secara fisik tubuhnya menjadi besar namun dalam perkembangan psikhisnya masih bersifat kekanak-kanakan. Karenanya tidak jarang remaja menjadi pemurung, mudah emosional dan tidak mau disebut sebagai anak lagi, tetapi juga keberatan kalau disebut dewasa. Remaja dikatakan dewasa karena berkaitan dengan perkembangan kemandirian dan rasa tanggung jawab.

Perkembangan kemandirian merupakan suatu masalah penting sepanjang kehidupan manusia. Kemandirian dipengaruhi oleh perubahan-perubahan fisik, yang pada gilirannya memicu terjadinya perubahan emosional. Perubahan logis yang memberikan pemikiran tentang cara berfikir yang mendasari tingkah laku, serta perubahan nilai dalam peran sosial melalui pengasuhan orangtua dan aktifitas individu. Masalah kemandirian menuntut kesiapan individu baik fisik maupun emosional untuk mengatur, dan melakukan aktifitas atas tanggung tanggung jawabnya sendiri tanpa menggantungkan diri pada orang lain.

Kemandirian biasanya ditandai dengan kemampuan menentukan nasib sendiri, kreatif dan inisiatif, mengatur tingkah laku, bertanggung jawab, mampu menahan diri, membuat keputusan, serta mampu mengatasi masalah tanpa ada pengaruh dari orang lain. Kemandirian merupakan sikap otonomi dimana individu relatif bebas dari pengaruh penilaian, pendapat dan keyakinan orang lain. Dengan kemampuannya, individu diharapkan lebih bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Kemandirian mengandung pengertian:

  1. Suatu kondisi dimana seseorang memiliki hasrat bersaing untuk maju demi kebaikan dirinya sendiri.
  2. Mampu mengambil keputusan dan inisiatif untuk mengatasi masalah yang dihadapi.
  3. Memiliki kepercayaan diri dan melaksanakan tugas-tugasnya.
  4. Bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya.


Robert Havighurt (1972), membedakan kemandirian atas empat bentuk, yaitu:

  1. Kemandirian emosi, yaitu kemampuan mengontrol emosi sendiri dan tidak tergantungnya kebutuhan emosi pada orang lain.
  2. Kemandirian ekonomi, yaitu; kemampuan mengatur ekonomi sendiri dan tidak tergantungnya kebutuhana ekonomi orang lain.
  3. Kemandirian intelektual, yaitu: kemampuan untuk mengatasi berbagai masalah yang sedang dihadapi.
  4. Kemandirian sosial, yaitu: kemampuan untuk mengadakan interaksi dengan orang lain dan tidak tergantung pada aksi orang lain.

 

Pentingnya kemandirian bagi seorang pelajar dapat dilihat dari situasi kompleksitas kehidupan, yang secara langsung atau tidak langsung memberikan pengaruh. Berbagai fenomena yang sering terjadi karena kurangnya kemandirian pelajar, dan sangat perlu perhatian, seperti: perkelaian antar pelajar, penyalagunaan obat dan alkohol, perilaku agresif, dan berbagai perilaku menyimpang yang sudah mengarah pada tindak kriminal. Dalam konteks proses belajar, fenomena pelajar  yang kurang mandiri dalam belajar, yang dapat menimbulkan gangguan mental pada pendidikan lanjutan, kebiasaan belajar yang kurang baik( tidak betah belajar lama, atau belajar hanya menjelang ujian, membolos, menyontek, dan mencari bocoran soal-soal ujian).

Beberapa gejala yang berhubungan dengan permasalahan kemandirian yang perlu mendapat perhatian, diantaranya adalah:

  1. Ketergatungan disiplin pada kontrol luar bukan karena niat sendiri yang ikhlas. Perilaku seperti itu mengarah pada tidak konsisten, perilaku formalistik, keterpaksaan, sehingga menghambat etos kerja dan kehidupan yang mapan.
  2. Sikap tidak peduli terhadap lingkungan hidup, yang menunjukkan kemandirian masyarakat yang masih rendah, karena manusia mandiri adalah manusia yang tidak lepas dari lingkungannya.
  3. Sikap hidup konformistis tanpa pemahaman dan konformistis dengan mengorbankan prinsip, adanya faham segala sesuatu bisa diatur yang berkembang dalam masyarakat. Hal tersebut menunjukkkan ketidakjujuran dalam berfikir dan bertindak serta kemandirian yang masih rendah.

Lembar Kerja Siswa

1.    Pentingkah kemandirian bagi kalian sebagai seorang pelajar?

2.    Apa yang sudah kalian lakukan agar kalian lebih mandiri?

3. Menurut Robert Havighurt kemandirian dibagi menjadi empat apa saja?

 

LEMBAR REFLEKSI DIRI

       Pilihlah dengan cara mencentang ( √ ) jawaban “YA” apabila anda setuju dan jawaban “ TIDAK” apabila anda tidak setuju

 

R E F L E K S I

YA

TIDAK

Saya merasa sangat perlu dengan materi ini

 

 

 

Menurut saya materi ini sangat menarik

 

 

 

Saya sangat memahami materi yang telah diberiikan

 

 

 

Saya merasa sangat perlu bantuan dari guru BK untuk lebih dapat mandiri.

 

 

 

 

 

35 komentar:

  1. Assalamualaikum wr.wb.
    siswa/i yang soleh/solehah apa kabar kalian semua generasi muslim pejuang penerus risalah kenabian...
    sebelum memulai belajar jangan lupa berdoa terlebih dahulu dengan doa2 yang sudah biasa dilafalkan Roditubillahirobba, wabil islamidina, wabi muhammaddin nabi yau warosula. Robbi zidni ilma, warzukni fahma
    materi agar dibaca dengan baik dan kerjakan LKS, Refleksinya?...

    BalasHapus
  2. Ok pak terimakasih materinya
    -fathia thirza dianti 9B

    BalasHapus
    Balasan
    1. jazakaloh khoiron anak soleha, tetap semangat belajar ya

      Hapus
  3. Oke pak, Terima kasih
    Nabil aura hasya 9b

    BalasHapus
    Balasan
    1. jazakaloh khoiron anak soleha, tetap semangat belajar ya

      Hapus
  4. Ok pak terima kasih
    Radit heka ramadhan 9b

    BalasHapus
    Balasan
    1. jazakaloh khoiron anak soleh, tetap semangat belajar ya

      Hapus
  5. Ok pak terimakasih
    -alifah nur w 9b

    BalasHapus
  6. Ok pak terima kasih
    Alita aura 9b

    BalasHapus
  7. Terima kasih pak materinya
    caesar abdurrahman 9B

    BalasHapus
    Balasan
    1. jazakaloh khoiron anak soleh, tetap semangat belajar ya

      Hapus
  8. Balasan
    1. jazakaloh khoiron anak soleha, tetap semangat belajar ya

      Hapus
  9. Trims pak materinya
    Radithya Wirasena 9b

    BalasHapus
    Balasan
    1. jazakaloh khoiron anak soleh, tetap semangat belajar ya

      Hapus
  10. Terimakasih pak atas materi nya
    -salsabila cintami addri 9b

    BalasHapus
  11. Trimakasih pak materinya
    Neza agnesia 9d

    BalasHapus
    Balasan
    1. jazakaloh khoiron anak soleha, tetap semangat belajar ya

      Hapus
  12. Baik pak terima kasih atas materi nya
    -Abell Nadila Zahra 9d

    BalasHapus
  13. Terima kasih pak materinya
    Admaza septa tri Suseno 9B

    BalasHapus
  14. Trimakasih pak atas materinya
    Bima cahya Ramadhan 9D

    BalasHapus
  15. Terimakasih Pak atas materinya
    Rahadian Nauffal Rusiwa 9B

    BalasHapus
  16. Terima kasih pak
    sagita abdhi d. 9B

    BalasHapus
  17. Terima kasih Pak
    Riffa Yudika P 9D

    BalasHapus
  18. Terima kasih pak
    Rizky Kurniawan 9d

    BalasHapus
  19. Terimakasih pak
    Siti astiya zulfa 9D

    BalasHapus
  20. Terimakasih untuk materinya pak
    Andini Nailah Z 9B

    BalasHapus
  21. Terimakasih untuk materinya pak
    Andini Nailah Z 9B

    BalasHapus
  22. terimakasih pak untuk materinya
    Adelia Rafa Na'ilah 9b

    BalasHapus
  23. Terima kasih pak
    __Suci Ramadhani 9G

    BalasHapus
  24. trimakasih pak
    Amanda Shafa T 9c

    BalasHapus
  25. Terimakasih pak atas materinya -alyaa Raisya Rahmadhani IX c

    BalasHapus

MENGHARGAI PERBEDAAN DAN KEBERAGAMAN

    Materi /Topik Bahasan                              :     Menghargai perbedaan dan keberagama.    Bidang B imbingan                      ...