M A T E R I
Komunitas Remaja Mandiri
KEMANDIRIAN DI USIA REMAJA
Pada
usia remaja terjadi pertumbuhan yang pesat, maka tampak remaja secara fisik tubuhnya menjadi besar namun
dalam perkembangan psikhisnya masih bersifat kekanak-kanakan. Karenanya tidak
jarang remaja menjadi pemurung, mudah emosional dan tidak mau disebut sebagai
anak lagi, tetapi juga keberatan kalau disebut dewasa. Remaja dikatakan dewasa
karena berkaitan dengan perkembangan kemandirian dan rasa tanggung jawab.
Perkembangan kemandirian merupakan suatu
masalah penting sepanjang kehidupan manusia. Kemandirian dipengaruhi oleh
perubahan-perubahan fisik, yang pada gilirannya memicu terjadinya perubahan
emosional. Perubahan logis yang memberikan pemikiran tentang cara berfikir yang
mendasari tingkah laku, serta perubahan nilai dalam peran sosial melalui
pengasuhan orangtua dan aktifitas individu. Masalah kemandirian menuntut kesiapan
individu baik fisik maupun emosional untuk mengatur, dan melakukan aktifitas
atas tanggung tanggung jawabnya sendiri tanpa menggantungkan diri pada orang
lain.
Kemandirian
biasanya ditandai dengan kemampuan menentukan nasib sendiri, kreatif dan inisiatif,
mengatur tingkah laku, bertanggung jawab, mampu menahan diri, membuat
keputusan, serta mampu mengatasi masalah tanpa ada pengaruh dari orang lain.
Kemandirian merupakan sikap otonomi dimana individu relatif bebas dari pengaruh
penilaian, pendapat dan keyakinan orang lain. Dengan kemampuannya, individu
diharapkan lebih bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Kemandirian
mengandung pengertian:
- Suatu kondisi
dimana seseorang memiliki hasrat bersaing untuk maju demi kebaikan dirinya
sendiri.
- Mampu mengambil
keputusan dan inisiatif untuk mengatasi masalah yang dihadapi.
- Memiliki
kepercayaan diri dan melaksanakan tugas-tugasnya.
- Bertanggung
jawab atas apa yang dilakukannya.
Robert Havighurt (1972), membedakan kemandirian atas
empat bentuk, yaitu:
- Kemandirian
emosi, yaitu kemampuan mengontrol emosi sendiri dan tidak tergantungnya
kebutuhan emosi pada orang lain.
- Kemandirian
ekonomi, yaitu; kemampuan mengatur ekonomi sendiri dan tidak tergantungnya
kebutuhana ekonomi orang lain.
- Kemandirian
intelektual, yaitu: kemampuan untuk mengatasi berbagai masalah yang sedang
dihadapi.
- Kemandirian
sosial, yaitu: kemampuan untuk mengadakan interaksi dengan orang lain dan
tidak tergantung pada aksi orang lain.
Pentingnya
kemandirian bagi seorang pelajar dapat dilihat dari situasi kompleksitas
kehidupan, yang secara langsung atau tidak langsung memberikan pengaruh.
Berbagai fenomena yang sering terjadi karena kurangnya kemandirian pelajar, dan
sangat perlu perhatian, seperti: perkelaian antar pelajar, penyalagunaan obat dan
alkohol, perilaku agresif, dan berbagai perilaku menyimpang yang sudah mengarah
pada tindak kriminal. Dalam konteks proses belajar, fenomena pelajar yang kurang mandiri dalam belajar, yang dapat
menimbulkan gangguan mental pada pendidikan lanjutan, kebiasaan belajar yang
kurang baik( tidak betah belajar lama, atau belajar hanya menjelang ujian,
membolos, menyontek, dan mencari bocoran soal-soal ujian).
Beberapa
gejala yang berhubungan dengan permasalahan kemandirian yang perlu mendapat
perhatian, diantaranya adalah:
- Ketergatungan
disiplin pada kontrol luar bukan karena niat sendiri yang ikhlas. Perilaku
seperti itu mengarah pada tidak konsisten, perilaku formalistik,
keterpaksaan, sehingga menghambat etos kerja dan kehidupan yang mapan.
- Sikap tidak peduli
terhadap lingkungan hidup, yang menunjukkan kemandirian masyarakat yang
masih rendah, karena manusia mandiri adalah manusia yang tidak lepas dari
lingkungannya.
- Sikap hidup
konformistis tanpa pemahaman dan konformistis dengan mengorbankan prinsip,
adanya faham segala sesuatu bisa diatur yang berkembang dalam masyarakat.
Hal tersebut menunjukkkan ketidakjujuran dalam berfikir dan bertindak
serta kemandirian yang masih rendah.
Lembar Kerja Siswa
1. Pentingkah
kemandirian bagi kalian sebagai seorang pelajar?
2. Apa
yang sudah kalian lakukan agar kalian lebih mandiri?
3. Apa
sajakah sikap yang perlu mendapatkan perhatian terkait kemandirian sebutkan?
LEMBAR
REFLEKSI DIRI
Pilihlah dengan cara mencentang ( √ ) jawaban “YA” atau “TIDAK”
R E F L E K S I |
YA |
TIDAK |
Saya merasa sangat perlu dengan materi ini |
|
|
Menurut saya materi ini sangat menarik |
|
|
Saya sangat memahami materi yang telah diberiikan |
|
|
Saya merasa sangat perlu bantuan dari guru BK untuk lebih
dapat mandiri. |
|
|
Terima kasih pak
BalasHapus—Saskia salsabila 9c
barokalloh ananda solehah, tetap semangat belajarnya
Hapusukirlah masa depan yang gemilang dengan prestasi dan ahlakul karimah
Terima kasih pak
BalasHapus__Suci Ramadhani 9G
barokalloh ananda solehah, tiada waktu untuk disia-siakan
Hapuskejarlah mimpi mu dengan usaha belajar dan kerja keras
bahagiakan orang tua dengan akhlakkul karimah
Ridolloh fi ridol walidain
Terimakasih Pak
BalasHapus-Nabilla Syahiya 9C
barokalloh ananda solehah, tiada waktu untuk disia-siakan
Hapuskejarlah mimpi mu dengan usaha belajar dan kerja keras
bahagiakan orang tua dengan akhlakkul karimah
Ridolloh fi ridol walidain
Terimakasih pak atas materinya
BalasHapusAnanda Neyza SYACHPUTRA 9c
barokalloh ananda soleh, kejarlah mimpimu kesuksesan mu dimasa yang akan datang dengan belajar dan kerja keras...
Hapusjangan sia-siakan waktu dengan hal-hal yang tidak berguna
beramalah sebaik mungkin niscaya engkau akan memetik hasilnya
Terimakasih Pak
BalasHapusClarisma Hana Aulia 9C
barokalloh ananda solehah, tiada waktu untuk disia-siakan
Hapuskejarlah mimpi mu dengan usaha belajar dan kerja keras
bahagiakan orang tua dengan akhlakkul karimah
Ridolloh fi ridol walidain
Terimakasih pak
BalasHapusRasya indi r.9c
barokalloh ananda solehah, tiada waktu untuk disia-siakan
Hapuskejarlah mimpi mu dengan usaha belajar dan kerja keras
dunia tempat menanam kebaikkan dan akhirat tempat menerima balasan semua amal...
bahagiakan orang tua dengan akhlakkul karimah
Ridolloh fi ridol walidain
Terima kasih pak
BalasHapus-Muhammad Fathi Farhat 9c
barokalloh ananda soleh, tiada waktu untuk disia-siakan
Hapuskejarlah mimpi mu dengan usaha belajar dan kerja keras
bahagiakan orang tua dengan akhlakkul karimah
Ridolloh fi ridol walidain
Terimakasih pak atas materinya
BalasHapus-Dhea Rachma A. 9C
barokalloh ananda solehah, tiada waktu untuk disia-siakan
Hapuskejarlah mimpi mu dengan usaha belajar dan kerja keras
bahagiakan orang tua dengan akhlakkul karimah
Ridolloh fi ridol walidain
barokalloh ananda soleh, tetap semangat ya belajarnya...
BalasHapuskejarlah mimpi mu dengan usaha belajar dan kerja keras
bahagiakan orang tua dengan akhlakkul karimah
Ridolloh fi ridol walidain
Terima kasih pak atas materinya
BalasHapusm faiq akbar 9c
Terima kasih pak atas materinya
BalasHapus-Muhammad Tri Zaeri 9c