Selasa, 10 Januari 2023

ORIENTASI TENTANG SEKOLAH LANJUTAN

Orientasi tentang sekolah lanjutan

Hari  / Tgl               Selasa 10 Januari 2023

Kelas                         : IX.A         

Assalamu'alaikum wr.wb

Subhanalloh, ananda sholeh dan sholehah bagaimana kabarnya hari ini? 

Alloh SWT, masih memberi kesempatan kepada kita semua untuk menorehkan catatan dalam buku amal kita masing-masing  pada hari ini, tentunya hanya ada dua catatan yang akan kita torehkan dalam lembaran-lembaran buku amal tersebut......apakah kita menuliskan catatan kebaikan AMAL SOLIH atau sebaliknya AMAL SALAH NAUZUBILLAH MIN ZALIK!!!

Tentunya dengan terus berproses kearah yang lebih baik, kita akan berazam dan memutuskan pada diri kita untuk beramal dengan amal-amal solih isyaAlloh. Dan pada kesempatan bimbingan kali ini kita akan membahas tentang ” Orientasi tentang Sekolah Lanjutan” 

semoga dengan terus belajar memahami dan  mengembangkan potensi yang ada pada diri kita masing-masing dengan harapan kelak dapat lebih berguna,  bermanfaat untuk orang lain. Aamiin ya robbalalamiin.

Semoga dengan terus mengasah ilmu pengetahuan dan keimanan  akan menghantarkan peserta didik kepada ketaatan kepada Alloh dan akan menjadikan kita semua hamba yang sukses dalam kehidupan dunia apalagi kehidupan akhirat yang selama-lamanya.

Wassalamualaikum wr.wb.



saksikan tayangan video diatas ya!!!

 

1.     Materi                               :         Orientasi tentang Sekolah Lanjutan

 

2.     Bidang Bimbingan          :         Karir

 

3.     Jenis Layanan                 :         Informasi

 Orientasi Tentang Sekolah Lanjutan

Sehubungan dengan sekolah lanjutan yang merupakan permasalahan yang sedang dihadapi oleh peserta didik, maka ada beberapa hal (faktor) yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

Faktor-faktor yang perlu
diperhatikan sebelum menentukan pemilihan sekolah lanjutan.

            Permasalahan yang dihadapi Rina adalah suatu masalah yang wajar dan tidak menutup kemungkinan masalah tersebut juga dihadapi oleh orang lain. Pada dasarnya dalam memilih sekolah lanjutan ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan yaitu:

1.  Faktor Bakat

2.  Faktor Minat

3.  Faktor Kemampuan (internal dan eksternal)

 

A.   Faktor Bakat

Tentang Bakat ada beberapa pendapat antara:

1.    William B.Michael: kemampuan individu untuk melakukan tugas , yang sedikit sekali tergantung kepada latihan mengenai hal tersebut.

 

2.    Woodworth dan Marquis: bakat adalah kemampuan (ability) yang meliputi achievement( actuality ability), capacity (potential ability) dan aptitude

Ø   Achievement merupakan actual ability , yang dapat diukur langsung dengan alat atau tes tertentu.

 

Ø   Capacity merupakan potential ability , yang dapat diukur tidak langsung dengan melalui pengukuran terhadap kecakapan individu, dimana kecakapan ini berkembang dengan perpaduan antara dasar dengan training yang intensif dan berpengalaman.

 

Ø   Aptitude, yaitu kwalitas yang hanya dapat diungkap / diukur dengan tes khusus yang sengaja dibuat untuk itu.

            Pendapat tentang bakat masih banyak lagi, tetapi sebagai gambaran yang gampang sesuai dengan pendapat William B.Michael adalah sebagai berikut:

            Putri adalah siswi yang mempunyai bakat melukis dan mempunyai tingkat penalaran tinggi dalam mengapresiasikan suatu permasalahan, berbeda dengan Tika yang tidak memiliki bakat melukis, Putri akan lebih cepat dan hasil yang lebih baik dalam melaksanakan tugas melukis dibandingkan Tika walaupun antara Putri dan Tika mendapatkan materi pelajaran dari guru yang sama dan dalam waktu yang bersamaan juga. Lebih jauh lagi seorang siswa yang bernama Putri tersebut akan berhasil jika melanjutkan sekolah ke SMA dalam rangka mempersiapkan diri kejenjang perguruan tinggi misalnya jurusan arsitektur.

B.    Faktor Minat

       Minat pada dasarnya adalah rasa ketertarikan individu pada suatu hal (aktifivas). Minat merupakan suatu fungsi jiwa untuk dapat mencapai sesuatu. Minat merupakan kekuatan dari dalam diri individu dan tampak dari luar sebagai suatu aktivitas. Dalam berfungsinya minat ini merupakan perpaduan antara fikiran dan perasaan.

Sebagai suatu gambaran, Farida adalah seorang siswi yang sangat menaruh minat gberhasil mendalami ilmu beladiri karate dibandingkan dengan anak lain yang kurang memiliki minat pada ilmu beladiri karate walaupun mereka berlatih bersamaan dengan pelatih yang  sama.

C.   Faktor Kemampuan

Faktor kemampuan pada dasarnya secara garis besar dibagi 2 (dua)yaitu:

1.  Kemampuan internal, yaitu kemampuan yang berasal dari diri individu itu sendiri, yaitu kemampuan intelektual.

2.  Kemampuan eketernal, yaitu suatu kemampuan yang berasal dari luar diri individu yang sangat mendukung terealisasinya cita-cita yaitu kemampuan ekonomi orang tua walaupun sifatnya tidak mutlak.

 

 

 

 Jenis-jenis Sekolah Lanjutan

Pada dasarnya sekolah lanjutan setelah jenjang SMP secara garis besar dapat dibagi 2 (dua) yaitu:

1.      Sekolah Menengah Atas ( SMA )

2.      Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK )

I.     Sekolah Menengah Atas ( SMA ) adalah sekolah lanjutan setelah jenjang SMP yang bersifat umum. Peserta didik yang mempunyai cita-cita untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi (kuliah) adalah tepat sekali jika setelah SMP melanjutkan ke SMA. Program / jurusan di SMA ada 3 (tiga) yaitu:

1.        Program / Jurusan IPA

2.        Program / Jurusan IPS

3.        Program / Jurusan Bahasa.

 

II.    Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) adalah sekolah lanjutan setelah jenjang SMP yang bersifat khusus, sehingga diharapkan setelah lulus jenjang ini peserta didik bisa langsung memasuki dunia kerja. Jenis Sekolah Menengah Kejuruan bermacam-macam antara lain:

1.    STM (Sekolah Teknologi Menengah)

a.    Mesin                                                       d. Bangunan / sipil

b.    Listrik                                                        e. Informatika

c.    Elektronika                                             f.   dan lain-lain

2.    SMEA (Sekolah Menengah Ekonomi Atas)

a.    Akuntansi

b.    Perkantoran

3.    Sekolah Pelayaran Menengah

a.    Nautika

b.    Mesin

c.    Dan lain-lain

4.    Sekolah Menengah Farmasi (SMF)

5.    Sekolah Menengah Industri Pariwisata (SMIP)

6.    Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR)

7.    Sekolah Menengah Analis Kesehatan (SMAK)

8.    Dan lain-lain

      Selain sekolah yang ditempuh melalui jalur formal ada beberapa jenis sekolah lanjutan yang non formal, yang mana sekolah ini lebih banyak dikenal dengan nama kursus-kursus ketrampilan. Para lulusan kursus ketrampilan diharapkan lebih siap masuk dunia kerja daripada lulusan sekolah lanjutan yang bersifat formal. Adapun jenis kursus-kursus ketrampilan tersebut antara lain:

1.    Kursus Komputer                                                    4. Kursus Montir

2.    Kursus Menjahit / modes                                       5. Dan lain-lain

3.    Kursus Elektronika

 

       Dengan mengetahui atau memahami bakat, minat dan kemampuan yang dimiliki maka peserta didik akan lebih mudah menentukan pilihan sekolah lanjutan yang diinginkan. Misalnya seorang peserta didik yang memiliki bakat dan minat di bidang otomotif, memiliki kemampuan internal (kecerdasan) yang mendukung di sisi lain kemampuan eksternal (kemampuan ekonomi orang tua) kurang mendukung maka peserta didik tersebut bisa melanjutkan ke SMK jurusan otomotif. Setelah lulus dan bekerja siswa tersebut bisa melanjutkan pendidikan tinggi jurusan otomotif. Sehingga walaupun kemampuan eksternal (ekonomi orang tua) kurang mendukung selama peserta didik memilih pendidikan lanjutan yang tepat dan  memiliki semangat  belajar tinggi maka bukan suatu hal yang mustahil jika peserta didik tersebut akan berhasil.

 

Lembar Kerja Siswa

1.    Tuliskan beberapa hadist dari nabi Muhammad SAW, tentang anjuran/hasungan untuk selalu belajar/ mengembangkan ilmu pengetahuan?

2.    Mengapa siswa perlu mengenal terlebih dahulu sekolah yang akan di masukinya?

3.    Bagaimana cara siswa yang memasuki lingkungan sekolah baru, Jelaskan..!

4.    Hal hal apakah yang harus dipahami siswa sebelum melanjutkan sekolah ke jenjang yang llebih tinggi ?

5.    Tuliskan 3 faktor yang perlu diperhatikan sebelum menentukan pilihan sekolah lanjutan?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGHARGAI PERBEDAAN DAN KEBERAGAMAN

    Materi /Topik Bahasan                              :     Menghargai perbedaan dan keberagama.    Bidang B imbingan                      ...