Komponen |
: |
Layanan Dasar |
Bidang Layanan |
: |
Pribadi |
Tema Layanan |
: |
Kecerdasan Emosi dan Pengendalian Diri |
Kelas / waktu |
: |
VIII a,b,c / tgl, 30 s/d 6 Februari 2023 |
Pengampu |
: |
Yulian Wilyanus |
Tujuan
Layanan
1. Mengidentifikasi bentuk kecerdasan
emosi
2.
Menjelaskan
pengertian kecerdasan emosi dan pengendalian diri
3. Mengklasifikasi berbagai macam bentuk
emosi
MATERI
KECERDASAN EMOSI DAN PENGENDALIAN
DIRI
Kecerdasan emosi adalah kemampuan
untuk mengenali perasaan diri sendiri, perasaan
orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri dan kemampuan mengelola emosi
dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungannya dengan orang lain.
Kecerdasan Emosisonal atau Emotional
Quotient (EQ) semakin perlu dicermati karena kehidupan manusia semakin
kompleks. Kompleksnya kehidupan manusia membawa dampak yang buruk terhadap
kehidupan emosional individu, hasil survey Daniel Goleman menunjukkan
kecenderungan yang sama di seluruh dunia, bahwa generasi sekarang lebih banyak
mengalami kesulitan emosional daripada generasi sebelumnya. Mereka lebih
kesepian dan penurung, lebih beringas dan kurang menghargai sopan santun, lebih
gugup, mudah cemas, lebih meledak-ledak (impulsif dan regresif).
berikut saksikan video pembelajarannya:
Evaluasi 1. Proses : Memperhatikan proses layanan dengan refleksi hasil masing-masing peserta didik dan Sikap
atau antusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan layanan. 2. Hasil : Evaluasi
setelah mengikuti kegiatan klasikal, antara lain: merasakan suasana yang menyenangkan,pentingnya
topik yang dibahas, cara penyampaian yang menarik. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar