Hari/Tanggal : Selasa, 14 September 2021
Jam
ke- 1 & ke-2 kelas
: IX. G.D.
Assalamu'alaikum wr.wb
Subhanalloh, ananda sholeh dan sholehah
bagaimana kabarnya hari ini?
Barang siapa mengenali dirinya sendir
maka sesungguhnya dia telah mengenali Robbnya. Artinya semakin kita mengenali
potensi diri kita maka kita akan sangat mudah mengimani siapa pencipta kita apa
tugas dan maksud keberadaan kita di hidupkan oleh Alloh Robbulalamin
ke alam dunia yang fana ini.
Sementara Alloh SWT, telah banyak
memberi kita nikmat antara lain badan yang sehat, lingkungan pendidikan
yang kondusif untuk kita mengenali dan mengembangkan potensi diri juga cara
berfikir sesuai dengan perintah Alloh in-syaAlloh. Aamiin ya robbalalamiin.
Semoga dengan terus mengasah ilmu
pengetahuan dan keimanan akan menghantarkan peserta didik kepada
ketaatan kepada Alloh menjadikan kita semua hamba yang sukses dalam kehidupan
dunia apalagi kehidupan akhirat yang selama-lamanya.
Wassalamualaikum wr.wb.
1. Materi
/Topik Bahasan : Berfikir logis akan membuka cakrawala.
2. Bidang
Bimbingan : Pribadi.
3. Jenis
Layanan : Orientasi.
4. Tujuan
Layanan : Agar siswa mampu mengembangkan
pengetahuan dan Ketrampilannya yang bermanfat bagi kehidupannya kelak.
5. Fungsi
Layanan : Orientasi.
6. Sasaran
Layanan/Semester : Kelas IX/ Ganjil
7. Tempat
Penyelenggaraan : Ruang Kelas
8. Waktu
Penyelenggaraan : 1 X 40 menit
Penyelenggara Layanan : Guru BK
BERFIKIR LOGIS AKAN MEMBUKA CAKRAWALA
Peserta
didik yang duduk di kelas 9 sesuai dengan fase-fase perkembangan maka masuk
dalam fase atau masa remaja. Masa remaja adalah masa yang dinamis, masa penuh
gejolak, masa yang tidak labil atau masa panca roba. Fase atau masa remaja
dapat dibagi menjadi 3 (tiga) fase yaitu:
1.
Fase Pueral;
2.
Fase Negatif;
3.
Fase Puber.
A. Fase
Pueral
Pueral
berasal dari kata puer yang artinya laki-laki. Pada fase ini antara anak
laki-laki dan perempuan mulai memisahkan diri. Pada fase ini anak laki-laki
yang memisahkan diri dari pergaulan dengan anak perempuan karena anak laki-laki
memandang anak perempuan sebagai menjijikkan dan anak perempuan memisahkan diri
dengan anak laki-laki karena memandang anak laki-laki sebagai tukang membual
Pada Fase
pueral ini, mereka menunjukkan gejala atau ciri- ciri baik secara individu
maupun dalam pergaulan antara lain:
1. Pada
fase ini mereka tidak mau lagi disebut sebagai anak, karena sebutan tersebut
merendahkan mereka. Tetapi mereka juga tidak bersedia disebut dewasa karena
sebutan dewasa dirasa terlalu berat, menganggap terlalu tua;
2. Pada
fase ini mereka sudah mulai memisahkan diri dari orang tua atau orang dewasa di
sekitar mereka. Mereka mulai menikmati dunianya sendiri dengan penuh rahasia.
Sehingga mereka kadang-kadang menggunakan bahasa rahasia atau kode-kode
tertentu dalam berkomunikasi;
3. Pada
fase ini mereka membentuk kelompok-kelompok untuk bersaing antara kelompok satu
dengan kelompok lainnya, dan juga antar anggota dalam kelompoknya. Yang
memiliki keunggulan dalam kelompoknya mereka itulah yang dijadikan pemimpin
dalam kelompok;
4. Pada
fase ini mereka memiliki sifat mendewakan tokoh-tokoh yang dipandang memiliki
kelebihan baik tokoh tersebut riil atau hanya dalam cerita atau dongeng;
5. Pada
fase ini mereka memiliki keberanian dan kadang-kadang kurang perhitungan dan
agak melupakan tata susila.
B. Fase Negatif
Pada fase ini anak lebih banyak bersikap
negatif atau sikap menolak. Sikap ini hanya berlaku beberapa bulan saja. Tetapi
menurut Karl Buhler bahwa sikap menolak tersebut berlangsung lama, dengan
alasan bahwa ciri-ciri fase ini juga masih nampak pada fase berikutnya.
Adapun
ciri-ciri fase ini antara lain:
1. Pada
fase ini mereka terhadap segala sesuatu anak bersikap serba ragu, tidak pasti,
tidak senang, tidak setuju, dan sebagainya;
2. Pada
fase ini mereka sering murung, sedih, tetapi mereka sendiri tidak tahu apa
sebabnya;
3. Sering
melamun tidak menentu dan kadang berputus asa.
C. Fase Puber
Fase
puber adalah fase yang paling lama diantara dua fase lainnya, dengan kata lain
fase puber adalah fase inti dari seluruh fase atau masa remaja. Pada fase ini
terjadi perubahan yang cukup drastis pada diri anak baik secara fisik maupun
psikis. Puber berasal dari kata pubes yang artinya bulu. Salah satu ciri khas
fase ini adalah sudah terjadi perubahan atau pertumbuhan alat-alat kelamin.
Adapun
ciri-ciri pada fase ini antara lain:
1. Baik
pada anak laki-laki maupun perempuan sudah mulai tumbuh rambut-rambut baru di
tempat-tempat tertentu;
2. Pada
alat kelamin anak laki-laki sudah menghasilkan sel sperma, sementara pada anak
perempuan sudah menghasilkan sel telur;
3. Pada
anak laki-laki sudah mengalami mimpi basah, sementara anak perempuan sudah
mulai mengalami menstruasi;
4. Terjadi
pertumbuhan otot-otot, pada anak laki-laki dadanya bertambah bidang dengan
otot-otot yang kuat, sementara anak permpuan pinggulnya mulai melebar;
5. Suara
anak laki-laki menjadi berat (parau) sementara anak perempuan menjadi merdu;
6. Wajah
anak laki-laki berubah menjadi lebih nampak persegi sementara anak perempuan
menjadi membulat;
7. Gerakan
(motorik) anak laki-laki menjadi lebih kaku dan kasar sementara anak perempuan
menjadi lebih canggung;
8. Pada
fase ini mereka, baik pada anak laki-laki maupun perempuan mulai saling
tertarik pada lawan jenis teman sebaya;
9. Pada
fase ini mereka, baik laki-laki maupun perempuan sudah mulai tahu cara menghias
diri;
10. Pada
fase ini perkembangan tubuhnya mencapai kesempurnaan dan mulai harmonis.
Kesehatan pada fase ini sangatlah kuat sehingga jarang terjadi kematian pada
fase ini.
Berdasarkan
uraian di atas diharapkan seorang anak (peserta didik) haruslah memahami
tentang fase-fase yang sedang dialaminya sehingga para peserta didik dapat
memngambil nilai manfaatnya antara lain dapat menyesuaikan diri dengan baik,
baik penyesuaian pada dirinya sendiri secara internal maupun penyesuaian diri
pada lingkungan sekitarnya;
Mulai
dari fase awal, manusia sudah memiliki kebutuhan-kebutuhan yang mana semakin
lama menjadi semakin kompleks. Kebutuhan-kebutuhan yang dialami oleh manusia
yang semakin kompleks tersebut akan diiring dengan timbulnya
permasalahan-permasalan yang semakin rumit.
Sehubungan dengan
permasalahan-permasalahan tersebut, suatu masalah yang tidak dapat dihindari
oleh anak-anak yang sedang duduk di bangku SMP pada umumnya dan khususnya anak
yang sedang duduk di bangku kelas 9 adalah masalah tentang masa depan. Masalah
tentang masa depan yang paling banyak dirasakan pada anak tersebut biasanya
selalu berkisar pada 2 (dua) permasalahan, yaitu permasalahan tentang
pendidikan lanjutan yang sesuai dan juga tentang jenis pekerjaan atau karir di
masa depan yang cocok untuk dirinya.
Pada anak yang duduk dibangku SMP pada
umumnya dan anak yang duduk di bangku kelas 9 khususnya sudah mulai tumbuh dan
berkembang kesadaran tentang pentingnya pendidikan sehubungan dengan masa
depannya. Dengan kata lain mereka mulai menyadari betapa erat hubungan antara
masa depan (pekerjaan) dengan tingkat keberhasilan mereka saat dibangku
sekolah.
Sehubungan
dengan hal tersebut di atas ada beberapa langkah-langkah cerdas dalam
menghadapi hal tersebut antara lain sebagai berikut :
1.
Persiapkan diri semaksimal mungkin untuk
berhasil dalam belajar saat ini, karena tingkat keberhasilan meraih nilai
sangatlah memberikan banyak peluang untuk meraih harapan-harapan (cita-cita)
lebih lanjut.
2.
Dalam meraih cita-cita haruslah memiliki
semangat pantang menyerah, selalu berfikir yang positif tentang masa depan.
3.
Arif dan bijaksana dalam menerima kondisi
dirinya apa adanya tanpa menyalahkan fihak lain (misalnya kondisi orang tua,
fasilitas yang kurang mendukung dll) yang pada gilirannya justru akan menjadi
faktor penghambat dapam meraih cita-cita. Kondisi tersebut justru seharusnya
sebagai peletup motivasi yang kuat dalam meraih cita-cita.
4.
Berfikirlah secara logis dalam meraih
cita-cita, yang mana kita harus menyadari tentang bakat, minat dan kemampuan
yang kita miliki. Minat yang kuat tanpa disertai kemampuan untuk meraih suatu
cita-cita adalah hal yang sangat sulit. Kemampuan internal (intelektual /
kecerdasan) yang tinggi tanpa didukung kemampuan eksternal (finansial dari
orang tua) tidak menutup kemungkinan juga banyak kendala dalam meraih
cita-cita.
5.
Dengan landasan berfikir yang logis, akan
membuka cakrawala atau wawasan tentang pendidikan lanjutan yang sesuai dengan
cita-citanya.
Lembar
Kerja Siswa
1.
Apa yang sudah anda lakukan untuk dapat menemukan bakat dan minat dalam diri anda ?
2.
Hambatan-hambatan apa sajakah yang mungkin timbul dalam
upaya-upaya menemukan bakat dan minat anda?
3.
Apa yang bisa anda lakukan untuk mengatasi
hambatan-hambatan tersebut?
4.
coba tuliskan tiga fase pada remaja dengan sekilas
pembahasannya?
5.
Coba jelaskan maksud dari “Dengan berfikir logis akan
membuka cakrawala atau wawasan pendidikan yang anda cita-citakan?
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusasalamualaikum pak terimakasih atas tugasnya
BalasHapusAmmar 9D
Assalamu'alaikum pak terimakasih tugasnya
BalasHapusFatiha arta 9d
assalamu'alaikum pak, terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusNazwa Rizka Aulia 9G
Assalamualaikum pak, terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapus- Alvia Sefti Anggraini 9D
Assalamualaikum pak,terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapus-atika ghaisani 9G
assalamualaikum pak, terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusAmanda Wahyuni 9G
Assalamualaikum pak, terimakasih atas tugasnya
BalasHapusBerliana Jody 9D
Assalamualaikum Pak, terima kasih tugasnya
BalasHapus— Maura Lodya Amela 9G
Assalamu'alaikum pak terimakasih atas tugas nya
BalasHapusBima saputra 9D
Assalamualaikum pak terimakasih atas tugasnya
BalasHapusM Dirly afrijal 9G
assalamualaikum pak terimakasih atas tugasnya
BalasHapus-Desty auliya utami 9G
Assalamualaikum pak terimakasih atas tugasnya
BalasHapusM.A Zaidan razzaq 9D
assalamualaikum pak, terimakasih atas tugasnya
BalasHapusAlda Adellia 9G
Assalamualaikm pak
BalasHapusMutiara 9G
assalamualaikum pak, terimakasih atas tugasnya
BalasHapusDian frizca 9D
assalamualaikum pak terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapus-kalila islami azzahra 9D
assalamualaikum pak terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusIqbal 9G
assalamualaikum pak terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusSultan Zacky A.H 9G