HIDUP BAHAGIA
Hari/Tanggal
: Senin, 13 September 2021
Jam ke- 1 & ke-2 kelas : IX. F.E.
Assalamu'alaikum
wr.wb
Subhanalloh,
ananda sholeh dan sholehah bagaimana kabarnya hari ini?
Barang
siapa mengenali dirinya sendir maka sesungguhnya dia telah mengenali Robbnya.
Artinya semakin kita mengenali potensi diri kita maka kita akan sangat mudah
mengimani siapa pencipta kita apa tugas dan maksud keberadaan kita di hidupkan
oleh Alloh Robbulalamin ke alam dunia yang fana ini.
Sementara
Alloh SWT, telah banyak memberi kita nikmat antara lain badan yang sehat, lingkungan pendidikan yang kondusif
untuk kita mengenali dan mengembangkan potensi diri sesuai dengan perintah
Alloh in-syaAlloh. Aamiin ya robbalalamiin.
Semoga
dengan terus mengasah ilmu pengetahuan dan keimanan akan
menghantarkan peserta didik kepada ketaatan kepada Alloh menjadikan kita semua
hamba yang sukses dalam kehidupan dunia apalagi kehidupan akhirat yang
selama-lamanya.
Wassalamualaikum
wr.wb.
1. Materi /Topik Bahasan : Hidup
bahagia dalam meraih cita-cita.
2. Bidang
Bimbingan : Pribadi.
3. Jenis
Layanan : Orientasi.
4. Tujuan Layanan
: Agar
siswa dapat mencapai kematangan intelektual Guna mencapai kehidupan yang
bahagia.
5. Fungsi Layanan
: Pemahaman
6. Sasaran Layanan/Smes : Kelas
IX/ Ganjil
7. Tempat Penyelenggaraan : Ruang
Kelas
8. Waktu Penyelenggaraan
: 1 X 40 menit
Penyelenggara
Layanan
: Guru
BK
HIDUP BAHAGIA
DALAM MERAIH
CITA-CITA
Manusia secara kodrati selain sebagai
makhluk individu juga sebagai makluk sosial. Manusia diciptakan selain memiliki
kemampuan-kemampuan mengaktualisasikan kemampuannya secara individu juga
diharapkan memiliki kemampuan berinteraksi sosial secara baik. Manusia dalam
hidupnya senantiasa mencari dan mencari apa yang disebut dengan kebahagiaan.
Kebahagiaan yang hakiki tidak dapat diukur dengan ukuran yang bersifat duniawi
semata, misalnya: kekayaan, derajat atau titel yang disandang dll. Kebahagiaan
tersebut sebenarnya terletak pada kemampuan individu tersebut dalam
menyesuaikan diri. Menyesuaikan diri baik pada diri sendiri maupun pada
lingkungannya. Seseorang akan bahagia jika dapat menyadari tentang kelemahan
dan kelebihan yang ada pada dirinya.
(intinya kesadaran dalam pengendalian diri, menyadarkan
bahwa diri dan kehidupan sekarang ini punya tujuan awal dan akhir yang harus
dipahami berdasarkan petunjuk Al-quran dan sabda-sabda Nabi Muhammad SAW, yang
telah memberikan bimbingan dan tuntunannya dalam menjalani hidup di dunia yang
sementara ini untuk menuju kepada kehidupan akhirat yang kekal abadi "dunia
sementara akhirat selama-lamanya).
Manusia akan memperoleh kebahagiaan jika
dapat menyesuaikan diri terhadap kelemahan dan kelebihannya pada lingkungan sekitarnya.
Sesukses apapun manusia dalam urusan duniawi jika manusia tersebut tidak dapat
beradaptasi pada lingkungan sekitarnya maka kebagaiaan yang dia raih belum
sempurna, lebih-lebih jika manusia tersebut mengalami salah sesuai
(malladjusment). Sebagai seorang individu, maka suatu hal yang mutlak jika
setiap siswa didik haruslah menyadari tentang kelebihan dan kelemahan yang
dimilikinya. Dengan menyadari hal tersebut maka tidaklah sulit siswa didik
tersebut untuk membawa diri dalam lingkungan sekitarnya.
Salah satu faktor yang memiliki andil
yang cukup besar dalam keberhasilan maupun kegagalan siswa didik dalam
beradaptasi pada lingkungannya adalah pola asuh orang tua. Dengan pola asuh
orang tua yang tidak tepat tidak menutup kemungkinan akan muncul siswa didik yang memiliki kepribadian yang
egois, mau menang sendiri, agresif dan tidak menutup kemungkinan memunculkan
siswa didik yang berjiwa destruktif (merusak).
Salah satu cara yang tepat untuk
membentuk kepribadian yang bagus sehingga dapat diterima dalam lingkungan
sosial dengan baik maka siswa didik haruslah berlatih untuk berinteraksi dengan
lingkungan sebaik mungkin. Salah satu ajang berlatih berinteraksi sosial adalah ikut berperan
aktif dalam kegiatan-kegiatan yang memungkinkan siswa didik tersebut selalu dan
selalu berinteraksi dengan orang lain. Kegiatan tersebut antara lain: aktif
dalam kepengurusan OSIS, kegiatan Pramuka, kegiatan PMR dimasyarakat ikut dalam
kegiatan keagamaan ROHIS di masjid dll.
Dengan
peran aktif dalam organisasi yang bersifat positif maka akan banyak sekali
manfaat yang diraih, antara lain: dapat
menghargai orang lain, bisa menerima pendapat orang lain, mampu mengemukakan
pendapatnya pada orang lain, mampu mengendalikan emosi, dll. Dalam kehidupan sehari-hari akan nampak nyata
perbedaan individu yang terbiasa berorganisasi sejak kecil dibanding dengan
individu yang tidak pernah berkecimpung di organisasi. Akan terlihat nyata bagaimana pola sikap, pola pikir dan pola bicara pada
mereka yang berbeda. Dengan berlatif dalam berorganisasi akan muncul
individu-individu yang memiliki rasa percaya diri, tetapi jauh dari pribadi
yang sombong.
banyak sekali ketinggalan
informasi-informasi yang sangat penting, untamanya sehubungan dengan masa depannya.
Hasil akhir, walaupun Dia Berhasil lulus dengan nilai sangat memuaskan tetapi
Dia gagal masuk ke SMA Negeri favorit yang selama ini
diidam-idamkan. Sementara banyak temannya yang kategori prestasinya di bawah
kata berhasil masuk SMA Negeri favorit. Jadi, faktor kecerdasan saja tanpa
didukung oleh kemampuan berinteraksi sosial kadang-kadang hasilnya
mengecewakan.
Lembar Kerja Siswa
1. Apa tujuan hidup manusia berdasarkan Al-Qur’an Surat
Az-zariat ayat 56 dan surat Al-Mulk ayat 2 ?
2. Bagaimana cara untuk mencapai tujuan hidup kita
berdasarkan Alquran Surat Al-Bayyinah Ayat ke 7 dan 8?
3. Apa ukuran kebahagiaan hidup dalam Al-Quran Surat
Az-Zukruf ayat 35?
4. Organisasi apa saja yang sudah ananda
geluti dan apa posisi/jabatanmu di organisasi tersebut?
5.Tuliskanlah konsep bahagia
menurut pendapatmu masing-masing?
terimakasih pak
BalasHapusdera 9f
asalamualaikum pak terimaksih atas tugasnya
BalasHapusAmmar 9D
Assalamualaikum pak terimakasih atas materinya dan tugas nya Fauzan Rana Artami Surbakti kelas 9 A
BalasHapusAssalamualaikum pak terima kasih atas tugasnya
BalasHapus-Asyifa Marsha Adelia 9f
Assalamualaikum pak .
BalasHapusArin Arifah 9E
Assalamualaikum pak
BalasHapusrajab 9F
Assalamualaikum pak
BalasHapusRaihan Anandra 9F
assalamualaikum pak terimakasi
BalasHapus-rashif 9F
assalamualaikum pak
BalasHapusrafael julio 9f
Assalamualaikum pak terimakasih materinya
BalasHapusNadhif zahidan 9f
Assalamualaikum pak,terimakasih atas materinya
BalasHapus-fayi Gusri kirana 9F
Assalamualaikum pak terimakasih atas materinya
BalasHapus-Naufal9f
Assalamualaikum pak terimakasih atas materinya
BalasHapus-M Davie M 9e
Assalamualaikum pak terimakasih atas materinya
BalasHapusRidho Tri Islando 9E
assalamualaikum terimakasih pak
BalasHapuswijayanti 9e
Assalamualaikum pak terimakasih tugasnya
BalasHapusAulia Putri Nasution 9f hadir
assalamualaikum pak
BalasHapus-fadhila 9E
Assalamualaikum pak terimakasih atas materi nya
BalasHapus-Yoga Ardiansyah 9E
Assalamualaikum pak terimakasih atas materi nya
BalasHapusAbizar Yusuf A
9F
Assalamualaikum pak terimakasih atas materi nya
BalasHapuschelsea salhabila 9e
passalamualaikumpak,terimakasi
BalasHapus-M.athalla putra 9E
assalamualaikum pak, terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusbintang mutiara 9f
Assalamualaikum terimakasih pak atas materi dan tugasnya
BalasHapus-scania 9G