Minggu, 12 September 2021

HIDUP BAHAGIA

HIDUP BAHAGIA

Hari/Tanggal                       : Senin, 13 September 2021

Jam ke- 1 & ke-2 kelas      : IX. F.E.

 

Assalamu'alaikum wr.wb

Subhanalloh, ananda sholeh dan sholehah bagaimana kabarnya hari ini? 

Barang siapa mengenali dirinya sendir maka sesungguhnya dia telah mengenali Robbnya. Artinya semakin kita mengenali potensi diri kita maka kita akan sangat mudah mengimani siapa pencipta kita apa tugas dan maksud keberadaan kita di hidupkan oleh  Alloh Robbulalamin ke alam dunia yang fana ini.

Sementara Alloh SWT, telah banyak memberi kita nikmat antara lain badan yang  sehat, lingkungan pendidikan yang kondusif untuk kita mengenali dan mengembangkan potensi diri sesuai dengan perintah Alloh in-syaAlloh. Aamiin ya robbalalamiin.

Semoga dengan terus mengasah ilmu pengetahuan dan keimanan  akan menghantarkan peserta didik kepada ketaatan kepada Alloh menjadikan kita semua hamba yang sukses dalam kehidupan dunia apalagi kehidupan akhirat yang selama-lamanya.

Wassalamualaikum wr.wb.

 

1.     Materi /Topik Bahasan       :         Hidup bahagia dalam meraih cita-cita.

2.     Bidang Bimbingan                :         Pribadi.

3.     Jenis Layanan                         :         Orientasi.

4.     Tujuan Layanan                     :         Agar siswa dapat mencapai kematangan intelektual Guna mencapai kehidupan yang bahagia.            

5.     Fungsi Layanan                      :         Pemahaman

6.     Sasaran Layanan/Smes      :         Kelas IX/ Ganjil

7.     Tempat Penyelenggaraan   :          Ruang Kelas

8.     Waktu Penyelenggaraan           :         1 X 40 menit

Penyelenggara Layanan                 :           Guru BK

 

HIDUP BAHAGIA

DALAM MERAIH CITA-CITA

Manusia secara kodrati selain sebagai makhluk individu juga sebagai makluk sosial. Manusia diciptakan selain memiliki kemampuan-kemampuan mengaktualisasikan kemampuannya secara individu juga diharapkan memiliki kemampuan berinteraksi sosial secara baik. Manusia dalam hidupnya senantiasa mencari dan mencari apa yang disebut dengan kebahagiaan. Kebahagiaan yang hakiki tidak dapat diukur dengan ukuran yang bersifat duniawi semata, misalnya: kekayaan, derajat atau titel yang disandang dll. Kebahagiaan tersebut sebenarnya terletak pada kemampuan individu tersebut dalam menyesuaikan diri. Menyesuaikan diri baik pada diri sendiri maupun pada lingkungannya. Seseorang akan bahagia jika dapat menyadari tentang kelemahan dan kelebihan yang ada pada dirinya.

(intinya kesadaran dalam pengendalian diri, menyadarkan bahwa diri dan kehidupan sekarang ini punya tujuan awal dan akhir yang harus dipahami berdasarkan petunjuk Al-quran dan sabda-sabda Nabi Muhammad SAW, yang telah memberikan bimbingan dan tuntunannya dalam menjalani hidup di dunia yang sementara ini untuk menuju kepada kehidupan akhirat yang kekal abadi "dunia sementara akhirat selama-lamanya).  

Manusia akan memperoleh kebahagiaan jika dapat menyesuaikan diri terhadap kelemahan dan kelebihannya pada lingkungan sekitarnya. Sesukses apapun manusia dalam urusan duniawi jika manusia tersebut tidak dapat beradaptasi pada lingkungan sekitarnya maka kebagaiaan yang dia raih belum sempurna, lebih-lebih jika manusia tersebut mengalami salah sesuai (malladjusment). Sebagai seorang individu, maka suatu hal yang mutlak jika setiap siswa didik haruslah menyadari tentang kelebihan dan kelemahan yang dimilikinya. Dengan menyadari hal tersebut maka tidaklah sulit siswa didik tersebut untuk membawa diri dalam lingkungan sekitarnya.

 

Salah satu faktor yang memiliki andil yang cukup besar dalam keberhasilan maupun kegagalan siswa didik dalam beradaptasi pada lingkungannya adalah pola asuh orang tua. Dengan pola asuh orang tua yang tidak tepat tidak menutup kemungkinan akan muncul siswa didik yang memiliki kepribadian yang egois, mau menang sendiri, agresif dan tidak menutup kemungkinan memunculkan siswa didik yang berjiwa destruktif (merusak).

Salah satu cara yang tepat untuk membentuk kepribadian yang bagus sehingga dapat diterima dalam lingkungan sosial dengan baik maka siswa didik haruslah berlatih untuk berinteraksi dengan lingkungan sebaik mungkin. Salah satu ajang berlatih berinteraksi sosial adalah ikut berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan yang memungkinkan siswa didik tersebut selalu dan selalu berinteraksi dengan orang lain. Kegiatan tersebut antara lain: aktif dalam kepengurusan OSIS, kegiatan Pramuka, kegiatan PMR dimasyarakat ikut dalam kegiatan keagamaan ROHIS di masjid dll.

            Dengan peran aktif dalam organisasi yang bersifat positif maka akan banyak sekali manfaat yang diraih, antara lain: dapat menghargai orang lain, bisa menerima pendapat orang lain, mampu mengemukakan pendapatnya pada orang lain, mampu mengendalikan emosi, dll. Dalam kehidupan sehari-hari akan nampak nyata perbedaan individu yang terbiasa berorganisasi sejak kecil dibanding dengan individu yang tidak pernah berkecimpung di organisasi. Akan terlihat nyata bagaimana pola sikap, pola pikir dan pola bicara pada mereka yang berbeda. Dengan berlatif dalam berorganisasi akan muncul individu-individu yang memiliki rasa percaya diri, tetapi jauh dari pribadi yang sombong.

banyak sekali ketinggalan informasi-informasi yang sangat penting, untamanya sehubungan dengan masa depannya. Hasil akhir, walaupun Dia Berhasil lulus dengan nilai sangat memuaskan tetapi Dia gagal masuk ke SMA Negeri favorit  yang selama ini diidam-idamkan. Sementara banyak temannya yang kategori prestasinya di bawah kata berhasil masuk SMA Negeri favorit. Jadi, faktor kecerdasan saja tanpa didukung oleh kemampuan berinteraksi sosial kadang-kadang hasilnya mengecewakan.

 

Lembar Kerja Siswa

1. Apa tujuan hidup manusia berdasarkan Al-Qur’an Surat Az-zariat ayat 56 dan surat Al-Mulk ayat 2 ?

2. Bagaimana cara untuk mencapai tujuan hidup kita berdasarkan Alquran Surat Al-Bayyinah Ayat ke 7 dan 8?

3. Apa ukuran kebahagiaan hidup dalam Al-Quran Surat Az-Zukruf ayat 35?

4. Organisasi apa saja yang sudah ananda geluti dan apa posisi/jabatanmu di organisasi tersebut? 

5.Tuliskanlah  konsep bahagia menurut pendapatmu masing-masing?

 

  

23 komentar:

  1. asalamualaikum pak terimaksih atas tugasnya
    Ammar 9D

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum pak terimakasih atas materinya dan tugas nya Fauzan Rana Artami Surbakti kelas 9 A

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum pak terima kasih atas tugasnya
    -Asyifa Marsha Adelia 9f

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum pak .
    Arin Arifah 9E

    BalasHapus
  5. assalamualaikum pak terimakasi
    -rashif 9F

    BalasHapus
  6. assalamualaikum pak
    rafael julio 9f

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum pak terimakasih materinya
    Nadhif zahidan 9f

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum pak,terimakasih atas materinya
    -fayi Gusri kirana 9F

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum pak terimakasih atas materinya
    -Naufal9f

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum pak terimakasih atas materinya
    -M Davie M 9e

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum pak terimakasih atas materinya
    Ridho Tri Islando 9E

    BalasHapus
  12. assalamualaikum terimakasih pak
    wijayanti 9e

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum pak terimakasih tugasnya
    Aulia Putri Nasution 9f hadir

    BalasHapus
  14. assalamualaikum pak
    -fadhila 9E

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum pak terimakasih atas materi nya
    -Yoga Ardiansyah 9E

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum pak terimakasih atas materi nya
    Abizar Yusuf A
    9F

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum pak terimakasih atas materi nya
    chelsea salhabila 9e

    BalasHapus
  18. passalamualaikumpak,terimakasi
    -M.athalla putra 9E

    BalasHapus
  19. assalamualaikum pak, terimakasih atas materi dan tugasnya
    bintang mutiara 9f

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum terimakasih pak atas materi dan tugasnya
    -scania 9G

    BalasHapus

MENGHARGAI PERBEDAAN DAN KEBERAGAMAN

    Materi /Topik Bahasan                              :     Menghargai perbedaan dan keberagama.    Bidang B imbingan                      ...