Selasa, 07 September 2021

HIDUP BAHAGIA DALAM MERAIH CITA-CITA

 Hari/Tanggal                       : Rabu8 September 2021

Jam ke- 1 & 2 kelas              : IX. C.D.

 

Assalamu'alaikum wr.wb

Subhanalloh, ananda sholeh dan sholehah bagaimana kabarnya hari ini? 

Barang siapa mengenali dirinya sendir maka sesungguhnya dia telah mengenali Robbnya. Artinya semakin kita mengenali diri kita maka kita akan sangat mudah mengimani siapa pencipta kita apa tugas dan maksud keberadaan kita di hidupkan oleh  Alloh Robbulalamin.

Sementara Alloh SWT, telah banyak memberi kita nikmat badan sehat dan seluruh potensi yang ada pada diri kita untuk kita kenali dan kita kembangkan sesuai dengan perintah Alloh in-syaAlloh. Aamiin.

Semoga dengan terus mengasah ilmu pengetahuan dan keimanan  akan menghantarkan kita kepada ketaatan kepada Alloh menjadikan kita hamba yang sukses dalam kehidupan dunia apalagi kehidupan akhirat yang selama-lamanya.

Wassalamualaikum wr.wb.

 

1.     Materi /Topik Bahasan                :         Hidup bahagia dalam meraih cita-cita.

2.     Bidang Bimbingan                       :         Pribadi.

3.     Jenis Layanan                               :         Orientasi.

4.     Tujuan Layanan                          :         Agar siswa dapat mencapai kematangan intelektual Guna mencapai kehidupan yang bahagia.            

5.     Fungsi Layanan                         :         Pemahaman

6.     Sasaran Layanan/Semester      :         Kelas IX/ Ganjil

7.     Tempat Penyelenggaraan         :          Ruang Kelas

8.     Waktu Penyelenggaraan           :         1 X 40 menit

Penyelenggara Layanan                 :           Guru BK

 

HIDUP BAHAGIA

DALAM MERAIH CITA-CITA

Manusia secara kodrati selain sebagai makhluk individu juga sebagai makluk sosial. Manusia diciptakan selain memiliki kemampuan-kemampuan mengaktualisasikan kemampuannya secara individu juga diharapkan memiliki kemampuan berinteraksi sosial secara baik. Manusia dalam hidupnya senantiasa mencari dan mencari apa yang disebut dengan kebahagiaan. Kebahagiaan yang hakiki tidak dapat diukur dengan ukuran yang bersifat duniawi semata, misalnya: kekayaan, derajat atau titel yang disandang dll. Kebahagiaan tersebut sebenarnya terletak pada kemampuan individu tersebut dalam menyesuaikan diri. Menyesuaikan diri baik pada diri sendiri maupun pada lingkungannya. Seseorang akan bahagia jika dapat menyadari tentang kelemahan dan kelebihan yang ada pada dirinya.

 

Manusia akan memperoleh kebahagiaan jika dapat menyesuaikan diri terhadap kelemahan dan kelebihannya pada lingkungan sekitarnya. Sesukses apapun manusia dalam urusan duniawi jika manusia tersebut tidak dapat beradaptasi pada lingkungan sekitarnya maka kebagaiaan yang dia raih belum sempurna, lebih-lebih jika manusia tersebut mengalami salah suai (malladjusment). Sebagai seorang individu, maka suatu hal yang mutlak jika setiap siswa didik haruslah menyadari tentang kelebihan dan kelemahan yang dimilikinya. Dengan menyadari hal tersebut maka tidaklah sulit siswa didik tersebut untuk membawa diri dalam lingkungan sekitarnya.

 

Salah satu faktor yang memiliki andil yang cukup besar dalam keberhasilan maupun kegagalan siswa didik dalam beradaptasi pada lingkungannya adalah pola asuh orang tua. Dengan pola asuh orang tua yang tidak tepat tidak menutup kemungkinan akan muncul siswa didik yang memiliki kepribadian yang egois, mau menang sendiri, agresif dan tidak menutup kemungkinan memunculkan siswa didik yang berjiwa destruktif (merusak).

Salah satu cara yang tepat untuk membentuk kepribadian yang bagus sehingga dapat diterima dalam lingkungan sosial dengan baik maka siswa didik haruslah berlatih untuk berinteraksi dengan lingkungan sebaik mungkin. Salah satu ajang berlatih berinteraksi sosial adalah ikut berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan yang memungkinkan siswa didik tersebut selalu dan selalu berinteraksi dengan orang lain. Kegiatan tersebut antara lain: aktif dalam kepengurusan OSIS, kegiatan Pramuka, kegiatan PMR dll.

            Dengan peran aktif dalam organisasi yang bersifat positif maka akan banyak sekali manfaat yang diraih, antara lain: dapat menghargai orang lain, bisa menerima pendapat orang lain, mampu mengemukakan pendapatnya pada orang lain, mampu mengendalikan emosi, dll. Dalam kehidupan sehari-hari akan nampak nyata perbedaan individu yang terbiasa berorganisasi sejak kecil dibanding dengan individu yang tidak pernah berkecimpung di organisasi. Akan terlihat nyata bagaimana pola sikap, pola pikir dan pola bicara pada mereka yang berbeda. Dengan berlatif dalam berorganisasi akan muncul individu-individu yang memiliki rasa percaya diri, tetapi jauh dari pribadi yang sombong.

banyak sekali ketinggalan informasi-informasi yang sangat penting, untamanya sehubungan dengan masa depannya. Hasil akhir, walaupun Dia Berhasil lulus dengan nilai sangat memuaskan tetapi Dia gagal masuk ke SMA Negeri favorit  yang selama ini diidam-idamkan. Sementara banyak temannya yang kategori prestasinya di bawah kata berhasil masuk SMA Negeri favorit. Jadi, faktor kecerdasan saja tanpa didukung oleh kemampuan berinteraksi sosial kadang-kadang hasilnya mengecewakan.

 

Lembar Kerja Siswa

1. Apa tujuan hidup manusia berdasarkan Al-Qur’an Surat Al-Mulk ayat 2 ?

2. Bagaimana cara untuk mencapai tujuan hidup kita berdasarkan Alquran Surat Al-Bayyinah Ayat ke 7 dan 8?

3. Apa ukuran kebahagiaan hidup dalam Al-Quran Surat Az-Zukruf ayat 35?

 

 

29 komentar:

  1. Assalammualaikum pak terimakasih atas tugas dan materinya

    Annisa Maulidawati Sofyan 9C

    BalasHapus
  2. assalamu'alaikum pak terimakasih atas materi dan tugasnya

    Yesha Kirania Nevita 9C

    BalasHapus
  3. Assalammualaikum Pak trimakasih atas materinya panji aditya mahardika s 9c

    BalasHapus
  4. Assalammualaikum pak terimakasih atas tugas dan materinya
    Khezya Ayunda 9C

    BalasHapus
  5. assalamualaikum pak, terimakasih
    - Anggi Anggraini 9C

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum pak terimakasih
    Dhea Agustina 9C

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum pak terima kasih atas tugas nya
    Gamma Bramulya Arhaburrizqi 9C

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum Pak, terimakasih atas tugasnya
    Fazilatun Nisa 9C

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum Pak, Terimakasih
    Nilam Septia 9C

    BalasHapus
  10. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Terimakasih pak🥰
    Jihan Khairunnisa 9c

    BalasHapus
  11. assalamualaikum pak, terimakasih
    Sevina Amanda Putri 9C

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum Pak, Terimakasih atas materi dan tugasnya
    Saniya Princess Medina 9C

    BalasHapus
  13. Assalamu'alaikum pak, terimakasih tugasnya
    Fatiha arta 9d

    BalasHapus
  14. assalamualaikum pak terimakasih atas materi dan tugasnya
    -kalila islami azzahra 9D

    BalasHapus
  15. assalamualaikum pak terimakasih atas materi dan tugasnya
    Dian frizca 9D

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum pak terimakasih materinya
    Necky 9D

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum pak terimakasih atas materinya
    M.Raihan Pahlevi 9C

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum pak terimakasih materinya
    Lingga jaya salendra kelas 9c

    BalasHapus
  19. assalamualaikum pak terimakasih atas tugasnya
    putri alyaa salsabila 9D

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum pak, terimakasih atas tugasnya
    Salma Afiifah Putri 9C

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum pak, terima kasih
    -samantha maulidya 9C

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum pak terimakasih
    M.A Zaidan razzaq 9D

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum pak, terimakasih atas tugasnya
    Berliana Jody 9D

    BalasHapus
  24. assalamualaikum trimakasih atas tugasnya | Nuri lutfiyah putri 9D

    BalasHapus
  25. assalamualaikum pak, terimakasih atas tugasnya
    -rajwaqiqa maulidia derina 9D

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum pak, terimakasih atas tugasnya
    Naura Indira 9D

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum pak,terimakasih atas tugasnya
    -Renata tri safira 9D

    BalasHapus
  28. Assalamu'alaikum pak,terimakasih atas tugasnya
    -haristrada 9D

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum pak terimakasih atas tugasnya
    -zacky satria 9D

    BalasHapus

MENGHARGAI PERBEDAAN DAN KEBERAGAMAN

    Materi /Topik Bahasan                              :     Menghargai perbedaan dan keberagama.    Bidang B imbingan                      ...