Hari/Tanggal : Rabu, 8 September 2021
Jam
ke- 1 & 2 kelas
: IX. C.D.
Assalamu'alaikum wr.wb
Subhanalloh, ananda sholeh dan sholehah
bagaimana kabarnya hari ini?
Barang siapa mengenali dirinya sendir
maka sesungguhnya dia telah mengenali Robbnya. Artinya semakin kita mengenali
diri kita maka kita akan sangat mudah mengimani siapa pencipta kita apa tugas
dan maksud keberadaan kita di hidupkan oleh Alloh Robbulalamin.
Sementara Alloh SWT, telah banyak
memberi kita nikmat badan sehat dan seluruh potensi yang ada pada diri kita
untuk kita kenali dan kita kembangkan sesuai dengan perintah Alloh in-syaAlloh.
Aamiin.
Semoga dengan terus mengasah ilmu
pengetahuan dan keimanan akan menghantarkan kita kepada ketaatan
kepada Alloh menjadikan kita hamba yang sukses dalam kehidupan dunia apalagi
kehidupan akhirat yang selama-lamanya.
Wassalamualaikum wr.wb.
1. Materi
/Topik Bahasan : Hidup bahagia dalam meraih cita-cita.
2. Bidang
Bimbingan : Pribadi.
3. Jenis
Layanan : Orientasi.
4. Tujuan
Layanan : Agar siswa dapat mencapai kematangan
intelektual Guna mencapai kehidupan yang bahagia.
5. Fungsi
Layanan : Pemahaman
6. Sasaran
Layanan/Semester : Kelas IX/ Ganjil
7. Tempat
Penyelenggaraan : Ruang Kelas
8. Waktu
Penyelenggaraan : 1 X 40 menit
Penyelenggara Layanan :
Guru BK
HIDUP BAHAGIA
DALAM MERAIH CITA-CITA
Manusia
secara kodrati selain sebagai makhluk individu juga sebagai makluk sosial.
Manusia diciptakan selain memiliki kemampuan-kemampuan mengaktualisasikan
kemampuannya secara individu juga diharapkan memiliki kemampuan berinteraksi
sosial secara baik. Manusia dalam hidupnya senantiasa mencari dan mencari apa
yang disebut dengan kebahagiaan. Kebahagiaan yang hakiki tidak dapat diukur
dengan ukuran yang bersifat duniawi semata, misalnya: kekayaan, derajat atau
titel yang disandang dll. Kebahagiaan tersebut sebenarnya terletak pada
kemampuan individu tersebut dalam menyesuaikan diri. Menyesuaikan diri baik
pada diri sendiri maupun pada lingkungannya. Seseorang akan bahagia jika dapat
menyadari tentang kelemahan dan kelebihan yang ada pada dirinya.
Manusia
akan memperoleh kebahagiaan jika dapat menyesuaikan diri terhadap kelemahan dan
kelebihannya pada lingkungan sekitarnya. Sesukses apapun manusia dalam urusan
duniawi jika manusia tersebut tidak dapat beradaptasi pada lingkungan
sekitarnya maka kebagaiaan yang dia raih belum sempurna, lebih-lebih jika
manusia tersebut mengalami salah suai (malladjusment). Sebagai seorang
individu, maka suatu hal yang mutlak jika setiap siswa didik haruslah menyadari
tentang kelebihan dan kelemahan yang dimilikinya. Dengan menyadari hal tersebut
maka tidaklah sulit siswa didik tersebut untuk membawa diri dalam lingkungan
sekitarnya.
Salah
satu faktor yang memiliki andil yang cukup besar dalam keberhasilan maupun
kegagalan siswa didik dalam beradaptasi pada lingkungannya adalah pola asuh
orang tua. Dengan pola asuh orang tua yang tidak tepat tidak menutup
kemungkinan akan muncul siswa didik yang memiliki kepribadian yang egois, mau
menang sendiri, agresif dan tidak menutup kemungkinan memunculkan siswa didik
yang berjiwa destruktif (merusak).
Salah
satu cara yang tepat untuk membentuk kepribadian yang bagus sehingga dapat
diterima dalam lingkungan sosial dengan baik maka siswa didik haruslah berlatih
untuk berinteraksi dengan lingkungan sebaik mungkin. Salah satu ajang berlatih
berinteraksi sosial adalah ikut berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan yang
memungkinkan siswa didik tersebut selalu dan selalu berinteraksi dengan orang
lain. Kegiatan tersebut antara lain: aktif dalam kepengurusan OSIS, kegiatan
Pramuka, kegiatan PMR dll.
Dengan peran aktif dalam organisasi
yang bersifat positif maka akan banyak sekali manfaat yang diraih, antara lain:
dapat menghargai orang lain, bisa menerima pendapat orang lain, mampu
mengemukakan pendapatnya pada orang lain, mampu mengendalikan emosi, dll. Dalam
kehidupan sehari-hari akan nampak nyata perbedaan individu yang terbiasa
berorganisasi sejak kecil dibanding dengan individu yang tidak pernah
berkecimpung di organisasi. Akan terlihat nyata bagaimana pola sikap, pola
pikir dan pola bicara pada mereka yang berbeda. Dengan berlatif dalam
berorganisasi akan muncul individu-individu yang memiliki rasa percaya diri,
tetapi jauh dari pribadi yang sombong.
banyak
sekali ketinggalan informasi-informasi yang sangat penting, untamanya
sehubungan dengan masa depannya. Hasil akhir, walaupun Dia Berhasil lulus
dengan nilai sangat memuaskan tetapi Dia gagal masuk ke SMA Negeri favorit yang selama ini diidam-idamkan. Sementara
banyak temannya yang kategori prestasinya di bawah kata berhasil masuk SMA
Negeri favorit. Jadi, faktor kecerdasan saja tanpa didukung oleh kemampuan
berinteraksi sosial kadang-kadang hasilnya mengecewakan.
Lembar
Kerja Siswa
1. Apa tujuan hidup manusia berdasarkan Al-Qur’an Surat
Al-Mulk ayat 2 ?
2. Bagaimana cara untuk mencapai tujuan hidup kita
berdasarkan Alquran Surat Al-Bayyinah Ayat ke 7 dan 8?
3. Apa ukuran kebahagiaan hidup dalam Al-Quran Surat Az-Zukruf
ayat 35?
Assalammualaikum pak terimakasih atas tugas dan materinya
BalasHapusAnnisa Maulidawati Sofyan 9C
assalamu'alaikum pak terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusYesha Kirania Nevita 9C
Assalammualaikum Pak trimakasih atas materinya panji aditya mahardika s 9c
BalasHapusAssalammualaikum pak terimakasih atas tugas dan materinya
BalasHapusKhezya Ayunda 9C
assalamualaikum pak, terimakasih
BalasHapus- Anggi Anggraini 9C
Assalamualaikum pak terimakasih
BalasHapusDhea Agustina 9C
Assalamualaikum pak terima kasih atas tugas nya
BalasHapusGamma Bramulya Arhaburrizqi 9C
Assalamualaikum Pak, terimakasih atas tugasnya
BalasHapusFazilatun Nisa 9C
Assalamualaikum Pak, Terimakasih
BalasHapusNilam Septia 9C
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
BalasHapusTerimakasih pak🥰
Jihan Khairunnisa 9c
assalamualaikum pak, terimakasih
BalasHapusSevina Amanda Putri 9C
Assalamualaikum Pak, Terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusSaniya Princess Medina 9C
Assalamu'alaikum pak, terimakasih tugasnya
BalasHapusFatiha arta 9d
assalamualaikum pak terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapus-kalila islami azzahra 9D
assalamualaikum pak terimakasih atas materi dan tugasnya
BalasHapusDian frizca 9D
Assalamualaikum pak terimakasih materinya
BalasHapusNecky 9D
Assalamualaikum pak terimakasih atas materinya
BalasHapusM.Raihan Pahlevi 9C
Assalamualaikum pak terimakasih materinya
BalasHapusLingga jaya salendra kelas 9c
assalamualaikum pak terimakasih atas tugasnya
BalasHapusputri alyaa salsabila 9D
Assalamualaikum pak, terimakasih atas tugasnya
BalasHapusSalma Afiifah Putri 9C
Assalamualaikum pak, terima kasih
BalasHapus-samantha maulidya 9C
Assalamualaikum pak terimakasih
BalasHapusM.A Zaidan razzaq 9D
Assalamualaikum pak, terimakasih atas tugasnya
BalasHapusBerliana Jody 9D
assalamualaikum trimakasih atas tugasnya | Nuri lutfiyah putri 9D
BalasHapusassalamualaikum pak, terimakasih atas tugasnya
BalasHapus-rajwaqiqa maulidia derina 9D
Assalamualaikum pak, terimakasih atas tugasnya
BalasHapusNaura Indira 9D
Assalamualaikum pak,terimakasih atas tugasnya
BalasHapus-Renata tri safira 9D
Assalamu'alaikum pak,terimakasih atas tugasnya
BalasHapus-haristrada 9D
Assalamualaikum pak terimakasih atas tugasnya
BalasHapus-zacky satria 9D